Penulis Utama : Erika Putri Nur Utama
NIM / NIP : O0118038
×

ABSTRAK

 

Erika Putri Nur Utama. O0118038. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PERMAINAN KASTI PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 3 BANYUDONO TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keolahragaan Universitas Sebelas Maret Surakarta, April 2023.

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar permainan kasti pada peserta didik kelas V SD Negeri 3 Banyudono tahun ajaran 2022/2023 dengan menggunakan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT).

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V SD Negeri 3 Banyudono yang berjumlah 20 peserta didik yang terdiri dari 10 peserta didik putra dan 10 peserta didik putri. Sumber data berasal dari guru, peserta didik dan peneliti. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, penilaian dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif komparatif dengan menggunakan persentase untuk melihat kecenderungan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran.

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa: penerapan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar permainan kasti pada peserta didik kelas V SD Negeri 3 Banyudono, dimana hasil belajar pada pra-siklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II diperoleh peningkatan yang signifikan bahwa peserta didik yang tuntas pada pra-siklus adalah 5 peserta didik atau 25%, kemudian pada siklus I meningkat dalam kategori tuntas adalah 8 peserta didik atau 40% dan pada siklus II meningkat kembali menjadi 18 peserta didik atau 90% sedangkan 2 peserta didik lainnya belum tuntas.

Simpulan dari penelitian ini adalah menggunakan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar permainan kasti pada peserta didik kelas V SD Negeri 3 Banyudono tahun ajaran 2022/2023.

×
Penulis Utama : Erika Putri Nur Utama
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : O0118038
Tahun : 2023
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Permainan Kasti pada Peserta Didik Kelas V SD Negeri 3 Banyudono Tahun Ajaran 2022/2023.
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Keolahragaan - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Kolasi :
Sumber : UNS
Kata Kunci : Kata kunci: Menggunakan Model Pembelajaran, Hasil Belajar Permainan Kasti.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Rony Syaifullah, S.Pd., M.Pd.
2. Dr. Deddy Whinata Kardianto, S.Or., M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Keolahragaan
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.