Penulis Utama : Yohan Mansur Bayuaji
NIM / NIP : O0119120
×

Yohan Mansur Bayuaji, O0119120. UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOMBINASI GERAK DASAR MANIPULATIF MENGGUNAKAN ALAT BANTU DAN ALAT MODIFIKASI PEMBELAJARAN PADA PESERTA DIDIK KELAS III C SDN 01 KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2022/2023, Skripsi. Surakarta: Fakultas Keolahragaan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2023.

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar kombinasi gerak dasar manipulatif pada peserta didik kelas III C SDN 01 Karanganyar tahun pelajaran 2022/2023.

            Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Dilaksanakan dalam dua siklus, dengan setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas III C SDN 01 Karanganyar yang berjumlah 24 peserta didik yang terdiri dari 11 putra dan 13 putri. Sumber data berasal dari guru, peserta didik dan peneliti. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, penilaian, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan teknik persentase.

            Dari analisis data diperoleh hasil sebagai berikut:  kondisi awal peserta didik dari ranah afektif dari 24 peserta didik terdapat 12 atau 50% yang tuntas, kemudian untuk aspek kognitif terdapat 9 atau 37,5% peserta didik yang sudah tuntas, untuk aspek keterampilan terdapat 6 peserta didik atau 25% yang sudah. Pada siklus 1 dari ranah afektif dari 24 peserta didik terdapat 17 atau 71% yang tuntas, dari ranah kognitif dari 24 peserta didik terdapat 22 atau 92% yang tuntas,  kemudian untuk aspek keterampilan terdapat 15 peserta didik atau 63% yang sudah tuntas, pada siklus 2 dari ranah afektif dari 24 peserta didik terdapat 23 atau 95,83% yang sudah tuntas, sedangkan untuk ranah keterampilan terdapat 21 peserta didik atau 87,5% yang sudah tuntas, target ketuntasan yang ditetapkan dalam penelitian ini adalah 85%, ketuntasan hasil belajar pada siklus II keseluruhan sudah mencapai 85%, maka tidak perlu dilanjutkan di siklus berikutnya.

            Simpulan dari penelitian ini adalah penggunaan alat bantu dan alat modifikasi pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar kombinasi gerak dasar manipulatif pada peserta didik kelas lll C SDN 01 Karanganyar tahun pelajaran 222/2023.

×
Penulis Utama : Yohan Mansur Bayuaji
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : O0119120
Tahun : 2023
Judul : Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Kombinasi Gerak Dasar Manipulatif Menggunakan Alat Bantu dan Alat Modifikasi Pembelajaran Pada Peserta Didik Kelas III C SDN 01 Karanganyar Tahun Pelajaran 2022/2023
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Keolahragaan - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Kata kunci: alat bantu dan alat modifikasi pembelajaran, hasil belajar kombinasi gerak dasar manipulatif.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Budhi Satyawan, M.Pd
Penguji : 1. Dr. Agus Mukholid, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Keolahragaan
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.