Penulis Utama : Yudistira Mansur Bayuaji
NIM / NIP : K4614097
×

ABSTRAK


Yudistira Mansur Bayuaji, K4614097. PENGGUNAAN ALAT BANTU PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KEMAMPUAN GERAK DASAR MANIPULATIF PADA SISWA KELAS III   H   SD   TA’MIRUL   ISLAM   SURAKARTA   TAHUN   PELAJARAN
2017/2018,   Skripsi.   Surakarta   :   Fakultas   Keguruan   dan   Ilmu   Pendidikan
Universitas Sebelas Maret Surakarta, Mei 2018.
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar kemampuan gerak dasar manipulatif  pada siswa kelas  III H SD Ta’mirul  Islam  Surakarta Tahun pelajaran 2017/2018.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas III H SD Ta’mirul Islam Surakarta yang berjumlah 25 peserta didik yang terdiri dari 14 siswa putra dan 11 siswa putri. Sumber data berasal dari guru, siswa dan peneliti. Tekhnik pengumpulan data adalah dengan observasi, penilaian dan dokumentasi. Validitas data menggunakan tekhnik triangulasi data. Analisis data menggunakan tekhnik deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan teknik persentase.
Dari analisis data diperoleh hasil sebagai berikut : Kondisi awal siswa yang tuntas berjumlah 6 siswa atau 24 %, yang belum tuntas berjumlah 19 siswa atau 76%, di siklus 1 siswa yang tuntas berjumlah 16 siswa atau 64 %, yang belum tuntas berjumlah 9 siswa atau 36% dan di siklus 2 siswa  yang tuntas berjumlah 21 siswa atau 84 %, yang belum tuntas berjumlah 4 siswa atau 16%, target ketuntasan yang ditetapkan dalam penelitian ini adalah 80%, ketuntasan hasil belajar pada siklus 2 sudah mencapai 84%, maka tidak perlu dilanjutkan di siklus selanjutnya.
Simpulan dari penelitian ini adalah Penggunaan alat bantu pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar kemampuan gerak dasar manipulatif pada siswa kelas III H SD Ta’mirul Islam Surakarta tahun pelajaran 2017/2018.


Kata Kunci : Alat bantu pembelajaran, hasil belajar kemampuan gerak dasar manipulatif.

×
Penulis Utama : Yudistira Mansur Bayuaji
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4614097
Tahun : 2018
Judul : Penggunaan Alat Bantu Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kemampuan Gerak Dasar Manipulatif pada Siswa Kelas III H SD Ta’mirul Islam Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - F.KIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP-Prog-Penjaskesrek- K4614097-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Bapak Drs. Sunardi. M.Kes
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.