Penulis Utama : Sara Novita Anggraeni
NIM / NIP : V1020074
×

Perpustakaan merupakan lembaga pengelola berbagai jenis koleksi dengan sistem yang baku guna memenuhi kebutuhan informasi dari seluruh lapisan masyarakat. Pengolahan bahan pustaka menjadi salah satu upaya yang dilakukan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Surakarta untuk memenuhi kebutuhan informasi pemustakanya. Efektivitas dari penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) pada kegiatan pengolahan bahan pustaka akan menghasilkan koleksi yang tersusun secara sistematis sehingga dapat menjawab kebutuhan informasi pemustaka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana efektivitas penerapan SOP pada kegiatan pengolahan bahan pustaka di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Surakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang peneliti lakukan menjelaskan mengenai proses, efektivitas, dan kendala yang dihadapi dalam kegiatan pengolahan bahan pustaka berdasarkan SOP di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Surakarta. Hasil yang didapatkan terhadap analisis dari pembahasan yaitu: (1) kegiatan pengolahan bahan pustaka dilakukan dengan cara pengecekan koleksi yang baru datang, pembuatan kelengkapan dan pengecapan bahan pustaka, katalogisasi dan klasifikasi, entri data, mencetak lalu memasang call number dan kartu buku, pengecekan bahan pustaka siap layan, dan shelving, (2) penerapan SOP dalam kegiatan pengolahan bahan pustaka di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Surakarta belum efektif karena terdapat kesalahan pada bahan pustaka yang sudah diolah, (3) kendala yang dihadapi dalam kegiatan pengolahan bahan pustaka berdasarkan SOP yaitu Sumber Daya Manusia (SDM) yang mengerjakan pekerjaan lain saat kegiatan pengolahan bahan pustaka sedang berlangsung dan tidak semua pegawai yang mengolah bahan pustaka memiliki latar belakang pendidikan ilmu perpustakaan.

×
Penulis Utama : Sara Novita Anggraeni
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : V1020074
Tahun : 2023
Judul : Efektivitas Penggunaan Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam Kegiatan Pengolahan Bahan Pustaka di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2023
Program Studi : D-3 Perpustakaan
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Perpustakaan, Pengolahan Bahan Pustaka, Efektivitas, Standar Operasional Prosedur (SOP), Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Surakarta.
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Rr. Iridayanti Kurniasih, S.Hum., M.IP.
Penguji : 1. Rahmat Setiawan Saefullah, S.S., M.I.Kom.
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.