Penulis Utama : Shely Ananda Agustin
NIM / NIP : V0720081
×

Shely Ananda Agustin. V0720081. Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi (SAKTI) Dalam Pembayaran Pengadaan Barang dan Jasa Pada Inspektorat Jenderal Kemendikbudristek Jakarta. Laporan Tugas Akhir. Program Studi Diploma III Manajemen Administrasi Sekolah Vokasi Universitas Sebelas Maret 2023. 68 Halaman.

 

     Pemerintah meluncurkan sebuah sistem yaitu, Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi (SAKTI) adalah aplikasi pendukung yang digunakan satuan kerja untuk pengelolaan keuangan yang dimulai dari tahap perencanaan hingga pertanggungjawaban anggaran dengan menggunakan sistem single entry point, single database dan akuntasi berbasis akrual. Melalui SAKTI, aplikasi-aplikasi sebelumnya yang cukup banyak dan berdiri sendiri (stand alone) dapat dijadikan satu aplikasi dengan basis data yang terintegrasi agar menjadi lebih sederhana. Di Inspektorat Jenderal Kemendikbudristek Jakarta telah menerapkan aplikasi SAKTI pada tahun 2022 dengan penerapan SAKTI ini dapat mempermudah pengelolaan keuangannya.  Pengamatan ini bertujuan untuk mendeskripsikan Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi (SAKTI) dalam pembayaran pengadaan barang dan jasa pada Inspektorat Jenderal Kemendikbudristek Jakarta.

     Jenis pengamatan yang digunakan adalah observasi berperan sehingga penulis dapat terlibat langsung pada kegiatan sehari-hari orang yang sedang diamati atau yang digunakan sebagai sumber data pengamatan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan  mengkaji dokumen.

     Hasil pengamatan yang dilakukan pada Inspektorat Jenderal Kemendikbudristek Jakarta, bahwa  dengan penerapan aplikasi SAKTI para pegawai tidak perlu input satu-satu pada setiap aplikasi karena SAKTI datanya sudah terintegrasi dan sudah minimnya kendala yang dihadapi. Aplikasi SAKTI ini memiliki komponen Sumber Daya Manusia yang terdiri dari 39 pengguna, Sumber Daya Perangkat Keras dengan menggunakan komputer atau laptop dan printer, Sumber Daya Perangkat Lunak yang dimulai dari masukkan (input), proses (process), dan keluaran (output), Sumber Daya Jaringan dengan menggunakan jaringan internet, dan Sumber Daya Data yang disimpan dalam satu tempat. Kendala dalam penerapannya yaitu, masih banyaknya fitur yang belum dipahami oleh user dikarenakan aplikasi ini baru, jaringan internet yang buruk, dan terjadinya pembaharuan sistem pada saat jam kerja kantor.

     Kesimpulannya bahwa, Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi (SAKTI) dalam pembayaran pengadaan barang dan jasa sudah berjalan cukup baik, meskipun masih terdapat beberapa kendala dalam penerapannya. Saran yang dapat diberikan yaitu, untuk menambah satu pegawai muda disetiap tata usaha wilayah kerja, melakukan pembaharuan diluar jam kantor, dan menambah kecepatan intenet.

 

Kata kunci : Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi (SAKTI), Modul Pembayaran, Pengadaan Barang dan Jasa.

×
Penulis Utama : Shely Ananda Agustin
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : V0720081
Tahun : 2023
Judul : Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi (SAKTI) Dalam Pembayaran Pengadaan Barang dan Jasa Pada Inspektorat Jenderal Kemendikbudristek Jakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2023
Program Studi : D-3 Manajemen Administrasi
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi (SAKTI), Modul Pembayaran, Pengadaan Barang dan Jasa.
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Priyanto Susiloadi, M.Si.
Penguji : 1. Arinta Kusumawardhani, S. AB., M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.