Penulis Utama : Rizka Kurnia Sari
NIM / NIP : K1319059
×

              Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pada materi peluang: (1) model pembelajaran mana yang menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik, antara model pembelajaran TAI dengan metode snowball drilling atau model pembelajaran langsung; (2) tingkat kreativitas belajar mana yang memiliki prestasi belajar yang lebih baik, antara siswa dengan tingkat kreativitas belajar tinggi, sedang, atau rendah; (3) model pembelajaran mana yang menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik, antara model pembelajaran TAI dengan metode snowball drilling atau model pembelajaran langsung pada masing-masing tingkat kreativitas belajar; dan (4) tingkat kreativitas belajar mana yang memiliki prestasi belajar yang lebih baik, antara siswa dengan tingkat kreativitas belajar tinggi, sedang, atau rendah pada masing-masing model pembelajaran.

              Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu (quasi experimental research). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 3 Surakarta tahun ajaran 2022/2023. Sampel penelitian ini adalah dua kelas X yang ada di SMA Negeri 3 Surakarta, kelas X-E1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-E2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan teknik angket. Analisis data yang digunakan adalah uji analisis variansi dua jalan sel tak sama, lalu dilanjutkan uji komparasi ganda menggunakan metode Scheffe’, pada taraf signifikansi 5%.

              Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran TAI dengan metode snowball drilling menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik dibandingkan model pembelajaran langsung, baik secara umum maupun jika ditinjau pada masing-masing tingkat kreativitas belajar pada materi peluang. Kemudian, siswa dengan kreativitas belajar tinggi memiliki prestasi belajar matematika yang lebih baik dibandingkan siswa dengan kreativitas belajar sedang maupun rendah, serta siswa dengan kreativitas belajar sedang memiliki prestasi belajar matematika yang lebih baik dibandingkan siswa dengan kreativitas belajar rendah, baik secara umum maupun jika ditinjau dari masing-masing model pembelajaran.

×
Penulis Utama : Rizka Kurnia Sari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1319059
Tahun : 2023
Judul : EKPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DENGAN METODE SNOWBALL DRILLING PADA MATERI PELUANG DITINJAU DARI KREATIVITAS BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 SURAKARTA
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : model pembelajaran TAI, metode snowball drilling, prestasi belajar matematika, kreativitas belajar siswa
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Imam Sujadi, M.Si.
2. Riki Andriatna, S.Pd., M.Pd.
Penguji : 1. Dr. Triyanto, M.Si.
2. Dr. Ikrar Pramudya, M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.