Penulis Utama : Friska Simanjuntak
NIM / NIP : K1315021
×

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui manakah yang menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik antara model pembelajaran 3CM dengan strategi college bowl atau model pembelajaran langsung pada materi peluang, (2) untuk mengetahui manakah yang menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik antara kreativitas belajar tinggi, kreativitas belajar sedang, atau kreativitas belajar rendah pada materi peluang, (3) untuk mengetahui apakah ada interaksi antara penggunaan model pembelajaran dan kreativitas belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa pada materi peluang.

Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimental semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Kristen 1 Surakarta tahun pelajaran 2021/2022 yang terdiri dari 88 siswa yang terbagi ke dalam empat kelas. Sampel yang digunakan adalah dua kelas dengan jumlah total siswa kedua kelas tersebut adalah 48 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Uji coba instrumen dilaksanakan di SMPN 13 Surakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi untuk mengumpulkan data yang berupa data nilai ulangan tengah semester, metode angket untuk data kreativitas belajar siswa dan metode tes untuk data tes prestasi belajar matematika siswa pada materi peluang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, kemudian dilanjutkan dengan uji lanjut pasca anava yaitu uji komparasi ganda dengan metode Scheffe. Untuk persyaratan analisis uji Lilliefors digunakan untuk mengetahui sampel berasal dari populasi berdistribusi normal dan metode Bartlett digunakan untuk menguji populasi mempunyai variansi yang sama (homogen).

Berdasarkan hasil analisis pada penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa: (1) siswa dengan model pembelajaran cool-critical-creative-meaningful (3CM) strategi college bowl mempunyai prestasi belajar lebih baik dibandingkan siswa dengan model pembelajaran langsung pada materi peluang, (2) siswa dengan kreativitas belajar tinggi mempunyai prestasi belajar lebih baik dibanding siswa dengan kreativitas belajar sedang dan rendah, sedangkan siswa dengan kreativitas belajar sedang mempunyai prestasi belajar lebih baik dibanding siswa dengan kreativitas belajar rendah pada materi peluang, (3) tidak terdapat interaksi yang signifikan antara kreativitas belajar siswa (kreativitas belajar rendah) dan model pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa pada materi peluang, (4) terdapat interaksi yang signifikan antara kreativitas belajar siswa (kreativitas belajar sedang) dan model pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa pada materi peluang, (5) tidak terdapat interaksi yang signifikan antara kreativitas belajar siswa (kreativitas belajar tinggi) dan model pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa pada materi peluang.

×
Penulis Utama : Friska Simanjuntak
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1315021
Tahun : 2022
Judul : Eksperimentasi Model Pembelajaran Cool-Critical-Creative-Meaningful (3CM) Dengan Strategi College Bowl Pada Materi Peluang Ditinjau Dari Kreativitas Belajar Siswa Kelas VIII SMP Kristen 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2021/2022
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Cool-Critical-Creative-Meaningful, college bowl, kreativitas belajar, prestasi belajar matematika, peluang
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Budi Usodo, M.Pd.
2. Arum Nur Wulandari, S.Pd., M.Pd
Penguji : 1. Dr. Ikrar Pramudya, M.Si.
2. Ira Kurniawati, S.Si, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.