Penulis Utama : Ristanti
NIM / NIP : K7119228
×

Ristanti. K7119228. Pembimbing I: Dr. Kartika Chrysti Suryandari, M.Si. Pembimbing II: Dr. Rokhmaniyah, M.Pd. PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS AKSARA JAWA MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE ROUND TABLE DENGAN MEDIA FLANNEL BOARD PADA SISWAKELAS IV SD NEGERI 3 KEDUNGSARI TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2023

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan model kooperatif tipe round table dengan media flannel board (2) meningkatkan keterampilan menulis aksara Jawa melalui penerapan model kooperatif tipe round table dengan media flannel board, dan (3) mendeskripsikan respon siswa terhadap penerapan model kooperatif tipe round table dengan media flannel board pada pembelajaran Bahasa Jawa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus dengan subjek penelitian yaitu guru dan siswa kelas IV SD Negeri 3 Kedungsari tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 27 siswa. Data yang digunakan pada penelitian ini meliputi data kualitatif dan kuantitatif dengan sumber data yaitu guru Bahasa Jawa, siswa kelas IV, dan dokumen hasil belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Untuk memvalidasi data yang diperoleh digunakan teknik triangulasi sumber dan teknik. Analisis data dilaksanakan melalui reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan model kooperatif tipe round table dengan media flannel board dilaksanakan dengan langkah-langkah: (a) siswa dikelompokkan menjadi 4-6 siswa secara heterogen, (b) guru memperkenalkan media flannel board, (c) masing-masing kelompok diberikan kartu aksara, (d) siswa menyimak kalimat yang harus dituliskan dengan aksara jawa, (e) setiap anggota secara bergantian menyusun kartu aksara Jawa pada flannel board, (f) tindak lanjut. (2) Penerapan model kooperatif tipe round table dengan media flannel board dapat meningkatkan keterampilan menulis aksara Jawa. Setelah dilakukan tindakan pembelajaran siswa mampu untuk menuliskan kalimat menggunakan aksara Jawa dan sandhangan dengan cepat, tepat, jelas dan rapi sesuai dengan aturan penulisan aksara Jawa. (3) Siswa memberikan respon positif terhadap pembelajaran Bahasa Jawa yang menerapkan model kooperatif tipe round table dengan media flannel board.

Simpulan penelitian ini adalah penerapan langkah-langkah model kooperatif tipe round table dengan media flannel board yang tepat dapat meningkatkan keterampilan menulis aksara Jawa dan siswa memberikan respon positif pada saat pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe round table dengan media flannel board.

×
Penulis Utama : Ristanti
Penulis Tambahan : 1. Dr. Kartika Chrysti Suryandari, M Si.
2. Dr. Rokhmaniyah, M. Pd.
NIM / NIP : K7119228
Tahun : 2023
Judul : Peningkatan keterampilan Menulis Aksara Jawa melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe Round Table dengan Media Flannel Board pada Siswa Kelas Iv SD Negeri 3 Kedungsari Tahun Ajaran 2022/2023
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Model round table, media flannel board, keterampilan menulis aksara Jawa, respon siswa
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Kartika Chrysti Suryandari, M. Si.
2. Dr. Rokhmaniyah, M. Pd.
Penguji : 1. Drs. Wahyudi, M. Pd.
2. Drs. Ngatman, M. Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.