Penulis Utama : Afrizhentaria Nahya
NIM / NIP : K6419002
×

Afrizhentaria Nahya. K6419002. Pembimbing 1: Dr. Moh.Muchtarom. S.Ag.,M.SI. Pembimbing 2: Dr. Muh. Hendri Nuryadi, S.Pd., M.Sc. STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DALAM MENGUATKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DIMENSI BERGOTONG ROYONG DI SMP NEGERI 2 KARANGPANDAN. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juni 2023.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis strategi pembelajaran Pendidikan Pancasila dalam menguatkan Profil Pelajar Pancasila dimensi bergotong royong di SMP Negeri 2 Karangpandan; dan (2) mendeskripsikan kendala dari strategi pembelajaran Pendidikan Pancasila dalam menguatkan Profil Pelajar Pancasila dimensi bergotong royong di SMP Negeri 2 Karangpandan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi deskriptif. Sumber data meliputi informan (Guru Pendidikan Pancasila Kelas VII, Wakil Kepala Bidang Kurikulum dan Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Karangpandan), dokumen (ATP, Modul Ajar dan dokumen kegiatan pembelajaran) yang berhubungan dengan sikap siswa selama pembelajaran Pendidikan Pancasila Kelas VII, serta pelaksanaan strategi pembelajaran Pendidikan Pancasila (peserta didik kelas VIIB dan VIID). Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dan snowball sampling. Pengumpulan data dengan teknik wawancara terstruktur, analisis dokumen dan observasi partisipatif pasif. Teknik uji validitas yaitu trianggulasi data dan metode. Analisis data yaitu dengan teknik model Miles dan Huberman (1992). Hasil penelitian ini adalah. 1) Strategi pembelajaran yang digunakan guru yakni strategi pembelajaran kontekstual dengan adanya pelaksanaan indikator strategi pembelajaran Profil Pelajar Pancasila dimensi bergotong royong sesuai kondisi lingkungan pendidikan di SMP Negeri 2 Karangpandan: a) Pemilihan pendekatan kontekstual; b) Model pembelajaran kontekstual didukung metode diskusi dan presentasi kelompok. Dengan begitu, siswa dapat mengaitkan antara materi dan kehidupan nyata yang diperoleh bersama kelompoknya; serta c) Media pembelajaran power point, contoh poster ajakan melaksanakan tradisi dan kearifan lokal untuk menghadapi perubahan budaya, buku paket PPKn dan Pendidikan Pancasila. Guru juga mengintegrasikan dimensi bergotong royong dalam tahap perencanaan, pelaksanaan dan asesmen serta refleksi dan tindak lanjut sebagai bentuk evaluasi pembelajaran sesuai ketentuan Kurikulum Merdeka. Dengan adanya strategi pembelajaran tersebut, siswa sudah melaksanakan elemen dari dimensi bergotong royong dalam proses pembelajaran meskipun belum terlalu maksimal. 2) Kendala strategi pembelajaran Pendidikan Pancasila yang dilakukan oleh guru yaitu kesulitan dalam menentukan metode pembelajaran supaya tidak monoton yang mengarah ke gotong royong, kesulitan memperoleh alat pembelajaran yang akan digunakan serta kesulitan penilaian dan manajemen waktu pembelajaran.

×
Penulis Utama : Afrizhentaria Nahya
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K6419002
Tahun : 2023
Judul : Strategi Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dalam Menguatkan Profil Pelajar Pancasila Dimensi Bergotong Royong Di SMP Negeri 2 Karangpandan
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Strategi, Pembelajaran, Pendidikan Pancasila, Profil Pelajar Pancasila, Gotong Royong
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Moh. Muchtarom, S.Ag., M.SI
2. Dr. Muh. Hendri Nuryadi, S.Pd., M.Sc
Penguji : 1. Dr. Triana Rejekiningsih, S.H., K.N., M.Pd
2. Anis Suryaningsih, S.Pd., M.Sc
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.