Penulis Utama : Rani Anjelina
NIM / NIP : K6419057
×

ABSTRAK
Rani Anjelina. K6419057. Pembimbing I: Dr. Winarno, S.Pd., M.Si. Pembimbing II: Yudi Ariana, S.H., M.H. EFEKTIVITAS PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM UPAYA PEMBENTUKAN CIVIC DISPOSITION DIMENSI GOTONG ROYONG PESERTA DIDIK (STUDI SMA NEGERI 6 SURAKARTA). Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Desember 2023. 
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang telah diterapkan pada kelas X SMA Negeri 6 Surakarta, (2) mengetahui tingkat efektivitas Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam menumbuhkan civic disposition peserta didik pada dimensi gotong royong pada kelas X SMA Negeri 6 Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi, serta angket penilaian sikap. Teknik uji validitas yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik pengumpulan data. 
Hasil penelitian ini sebagai berikut: Pertama, pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMA Negeri 6 Surakarta di kelas X dilaksanakan melalui 7 langkah, yaitu (1) persiapan awal, (2) pembentukan Tim Fasilitator Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, (3) pembentukan Koordinator Projek dan Tim Pelaksana Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, (4) penentuan alokasi waktu Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, (5) penentuan dimensi dan tema Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, (6) mempersiapkan sarana dan prasarana Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, dan (7) evaluasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Kedua, pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada kelas X SMA Negeri 6 Surakarta efektif dalam menumbuhkan sikap gotong royong siswa. Hal tersebut ditunjukkan oleh indikator yang berhasil dicapai oleh siswa, seperti 1) keterlibatan peserta didik; 2) mengingatkan teman untuk mengerjakan tugas Projek; 3) sikap tolong menolong dan empati peserta didik; 4) rasa kepedulian yang tinggi peserta didik; dan 5) kemampuan kolaborasi peserta didik dalam pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Selain itu hasil kuisioner menunjukkan bahwa tingkat efektivitas Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila terhadap pembentukan siswa sebesar 36,66% yang termasuk ke dalam kategori tinggi, dengan standar deviasi sebesar 12,71. Efektivitas pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila juga dibuktikan dengan tercapainya indikator efektivitas berupa 1) ketepatan waktu; 2) ketepatan biaya; 3) ketepatan dalam pengukuran; 4) ketepatan berpikir; 5) ketapatan menentukan tujuan; serta 6) ketepatan menentukan sasaran.

Kata kunci: Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, civic disposition, gotong royong. 

×
Penulis Utama : Rani Anjelina
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K6419057
Tahun : 2024
Judul : Efektivitas Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Upaya Pembentukan Civic Disposition Dimensi Gotong Royong Peserta Didik (Studi SMA Negeri 6 Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2024
Program Studi : S-1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, civic disposition, gotong royong.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Winarno, S.Pd., M.Si.
2. Yudi Ariana, S.H., M.H.
Penguji : 1. Dr. Dewi Gunawati, S.H., M.Hum.
2. Anis Suryaningsih, S.Pd., M.Sc.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.