Penulis Utama : Syarifah Nur Khanif
NIM / NIP : V0720082
×

Syarifah Nur Khanif. V0720082. Sistem Informasi Manajemen Surat melalui Aplikasi SIMANIS di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Moewardi Surakarta. Tugas Akhir. Studi Diploma III Manajemen Administrasi Sekolah Vokasi Universitas Sebelas Maret Surakarta. 2023. 114 Halaman.

Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Moewardi Surakarta melakukan kegiatan korespondensi merupakan kegiatan yang penting dan rutin dilakukan untuk mencapai koordinasi kerja yang harmonis. Salah satu bentuk korespondensi adalah surat. Surat memiliki beberapa kelemahan antara lain jangka waktu respon surat yang relatif lama karena proses pengiriman, disposisi dan tindak lanjut. Untuk meminimalisir kelemahan surat memerlukan sistem informasi dalam pengelolaan surat. Rumah Sakit Umum Daerah dr. Moewardi Surakarta melakukan pengelolaan surat menggunakan aplikasi sistem informasi manajemen bernama SIMANIS. Penerapan sistem informasi manajemen melalui aplikasi SIMANIS di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Moewardii Surakarta sudah berjalan baik yang didukung kinerja aplikasi yang cukup maksimal dan keahlian pegawai dalam menggunakan aplikasi dan pengelolaan surat. Dampak adanya SIMANIS menjadikan pengelolaan surat dan kinerja pegawai lebih efektif dan efisien. Tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui Sistem Informasi Manajemen Surat melalui Aplikasi SIMANIS di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Moewardi Surakarta.

Jenis pengamatan yang digunakan dalam penulisan laporan tugas akhir ini yaitu deskripsi kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan mengkaji dokumen. Proses yang dilakukan penulis dalam pengamatan ini meliputi pengamatan sistem aplikasi SIMANIS dan berpartisipasi dalam proses pengelolaan surat secara digital melalui aplikasi SIMANIS yang berada di sub bagian Tata Usaha RSUD Dr. Moewardi Surakarta.

Berdasarkan hasil pengamatan yang penulis lakukan, kegiatan-kegiatan di dalam sistem informasi manajemen surat melalui aplikasi SIMANIS antara lain : pembuatan surat, persetujuan, penomoran surat, pendisposisian dan pelacakan surat dan melakukan pencarian surat masuk. Sistem informasi manajemen surat melalui melalui aplikasi SIMANIS digunakan untuk mempercepat disposisikan dan tindaklanjuti surat serta dapat memantau kinerja pegawai.

×
Penulis Utama : Syarifah Nur Khanif
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : V0720082
Tahun : 2023
Judul : Sistem Informasi Manajemen Surat melalui Aplikasi SIMANIS di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Moewardi Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2023
Program Studi : D-3 Manajemen Administrasi
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : manajemen surat, sistem informasi, surat keluar, surat masuk.
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Is Hadri Utomo, M.Si.
Penguji : 1. Chairul Huda Atma Dirgatama, S.Pd., M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.