Penulis Utama : Jirahayu Dwisafitri
NIM / NIP : K7119129
×

Jirahayu Dwisafitri. PENERAPAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC)  UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI PENGALAMANKU DI SEKOLAH PADA SISWA KELAS II SDN 5 PANJER TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Maret 2023.

Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model pembelajaran kooperatof tipe CIRC, (2) meningkatkan hasil belajar siswa kelas II melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC, (3) mendeskripsikan kendala dan solusi dalam penerapan model pembelajaran kooperatif CIRC.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SDN 5 Panjer yang berjumlah 22 siswa. Data yang digunakan adalah data kuantitatif berupa nilai evaluasi siswa setelah pembelajaran Bahasa Indonesia materi pengalamanku di sekolah dan data kualitatif berupa hasil observasi dan wawancara tentang penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC, Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) langkah-langkah dalam penerapan model pembelajaran CIRC, meliputi: (a) orientasi, (b) pembentukan kelompok secara heterogen, (c) pembagian bacaan sesuai dengan topik yang akan dibahas, (d) diskusi kelompok, (e) pembacaan hasil diskusi, (f) kesimpulan, dan (g) penutup; (2) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC, dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia materi pengalamanku di sekolah; peningkatan tersebut dilihat dari kenaikan persentase ketuntasan siswa yaitu pada siklus  I, siklus II, siklus III sebesar 63,63%, 75,00, dan 86,37%; (3) kendala dalam penelitian ini yaitu: (a) guru dan siswa belum siap dalam pembelajaran; (b) siswa kurang aktif; (c) pembacaan hasil diskusi menyita banyak waktu; adapun solusi yang diberikan yaitu (a) guru lebih mempersiapkan kelas, siswa, dan materi pembelajaran dalam penerapan model pembelajaran CIRC; (b) guru merangsang keaktifan siswa; dan (c) pembacaan hasil diskusi dilakukan secara bergantian di setiap pertemuan.

Simpulan dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran CIRC  dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia materi pengalamanku di sekolah pada siswa kelas II SDN 5 Panjer tahun ajaran 2022/2023.

×
Penulis Utama : Jirahayu Dwisafitri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7119129
Tahun : 2023
Judul : PENERAPAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI PENGALAMANKU DI SEKOLAH PADA SISWA KELAS II SDN 5 PANJER TAHUN AJARAN 2022/2023
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Model CIRC, hasil belajar Bahasa Indonesia
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Muhamad Chamdani, M.Pd.
2. Drs. Ngatman, M.Pd.
Penguji : 1. Dr. Kartika Chrysti Suryandari, M.Si.
2. Dr. Moh Salimi, S.Pd., M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.