Penulis Utama : Wakhid Sandi Nugroho
NIM / NIP : K7119274
×

Wakhid Sandi Nugroho. K7119274. Pembimbing I: Drs. Muhamad Chamdani, M.Pd. Pembimbing II: Drs. Ngatman, M.Pd. PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI KALIMAT SARAN PADA SISWA KELAS IIIA SD NEGERI PENIRON TAHUN AJARAN 2023/2024. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Januaru 2024.
Tujuan penelitian yaitu: (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model Problem Based Learning; (2) meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia materi kalimat saran dengan menerapkan model Problem Based Learning; (3) mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan model Problem Based Learning.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan selama tiga siklus dengan lima kali pertemuan. Subjek penelitian ialah guru dan siswa kelas IIIA SDN Peniron dengan jumlah 25 siswa. Data yang digunakan yakni kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan sumber data. Analisis data dilaksanakan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) langkah-langkah penerapan model Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia materi kalimat saran pada siswa kelas IIIA SDN Peniron tahun ajaran 2023/2024 yaitu: (a) orientasi siswa pada maslah, (b) mengorganisasikan siswa untuk belajar, (c) membimbing penyelidikan, (d) mengembangkan dan menyajikan hasil karya, (e) menganilisis dan mengevaluasi pemecahan masalah; (2) penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia materi kalimat saran pada siswa kelas IIIA SDN Peniron tahun ajaran 2023/2024 dengan hasil observasi terhadap guru pada siklus I = 81,66%, siklus II = 88,88%, dan siklus III = 93,33%, serta hasil observasi terhadap siswa pada siklus I = 78,33%, siklus II = 88,05%, dan siklus III = 95%, hasil belajar pada siklus I = 71,7, siklus II = 78,48, dan siklus III = 86,16; (3) kendala dalam penelitian yaitu: (a) situasi kelas yang kurang kondusif, (b) terdapat beberapa siswa yang kurang aktif dalam berdiskusi,  (c) terdapat siswa yang bermain dan bercanda dengan, (d) beberapa siswa sulit diatur dalam pembentukan kelompok, (e) beberapa siswa belum aktif, kurang percaya diri, masih belum berani dan malu pada saat menyampaikan tanggapan dan bertanya kepada kelompok lain. Solusi dari kendala tersebut yaitu: (a) guru harus bertindak untuk mengatasi suasana kelas yang kurang kondusif, (b) memberi arahan siswa agar lebih aktif saat berdiskusi kelompok, (c) memberikan perhatian lebih supaya fokus pada pembelajaran serta dapat diselingi dengan ice breaking.
Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia materi kalimat saran pada siswa kelas IIIA SDN Peniron tahun ajaran 2023/2024.

 

×
Penulis Utama : Wakhid Sandi Nugroho
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7119274
Tahun : 2024
Judul : Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia materi Kalimat Saran pada Siswa Kelas IIIA SD Negeri Peniron Tahun Ajaran 2023/2024
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2024
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Problem Based Learning, Hasil Belajar, Bahasa Indonesia
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Muhamad Chamdani, M.Pd.
2. Drs, Ngatman, M.Pd.
Penguji : 1. Dr. Rokhmaniyah, M.Pd.
2. Dr. Dewi Indrapangastuti, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.