Penulis Utama : Anisa Amalia
NIM / NIP : K7119032
×

Anisa Amalia. K7119032. Pembimbing I: Dr. Suhartono, M.Pd. Pembimbing II: Drs. Wahyudi, M.Pd. PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI LUAS DAERAH BANGUN DATAR MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA KONKRET PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KEDUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2023/2024. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Januari 2024

Tujuan penelitian ini yaitu: (1) medeskripsikan langkah-langkah model Problem Based Learning  dengan media konkret untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi luas daerah bangun datar pada siswa kelas V SD Negeri Kedungagung tahun ajaran 2023/2024, (2) meningkatkan hasil belajar matematika materi luas daerah bangun datar melalui model Problem Based Learning dengan media konkret pada siswa kelas V SD Negeri Kedungagung tahun ajaran 2023/2024, (3) mendeskripsikan kendala dan solusi pada penerapan model Problem Based Learning dengan media konkret materi luas daerah bangun datar pada siswa kelas V SD Negeri Kedungagung tahun ajaran 2023/2024.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian yaitu guru dan 26 siswa kelas V SD Negeri Kedungagung tahun ajaran 2023/2024. Data yang digunakan yaitu data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data dilaksanakan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini, yaitu: (1) langkah-langkah model Problem Based dengan media konkret dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi luas daerah bangun datar pada siswa kelas V SD Negeri Kedungagung tahun ajaran 2023/2024 yaitu: (a) orientasi masalah dengan media konkret, (b) pengorganisasian siswa untuk belajar, (c) pembimbingan dan penyelidikan siswa, (d) pengembangan dan penyajian hasil diskusi, (e) analisis dan evaluasi proses pemecahan masalah; (2) peningkatan hasil belajar materi luas daerah bangun datar menggunakan model Problem Based Learning dengan media konkret, siklus I = 67,31%, siklus II = 82,69%, dan siklus III = 92,30%; (3) kendala pada penelitian ini yaitu:  (a) kurangnya kerjasama saat diskusi, (b) siswa sulit dikondisikan, (c) siswa pasif menanggapi dan bertanya. (d) siswa kurang fokus, (e) siswa bermain sendiri, (f) siswa belum percaya diri untuk presentasi. Solusinya yaitu: (a) guru mengarahkan tugas tiap anggota, (b) guru menekankan tata tertib, (c) guru memberikan stimulus dan apresiasi, (d) guru melakukan ice breaking, (e) guru mengawasi siswa, (f) guru memberikan stimulus dan motivasi. Kesimpulan penelitian ini adalah model Problem Based Learning dengan media konkret dapat meningkatkan hasil belajar Matematika materi luas daerah bangun datar pada siswa kelas V SD Negeri Kedungagung tahun ajaran 2023/2024.

×
Penulis Utama : Anisa Amalia
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7119032
Tahun : 2024
Judul : Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Luas Daerah Bangun Datar melalui Model Problem Based Learning dengan Media Konkret pada Siswa Kelas V SD Negeri Kedungagung Tahun Ajaran 2023/2024
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2024
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Problem Based Learning (PBL), Hasil belajar, Matematika
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Suhartono, M.Pd.
2. Drs. Wahyudi, M.Pd.
Penguji : 1. Dr. Moh Salimi, M.Pd.
2. Dr. Achmad Basari Eko Wahyudi, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.