Penulis Utama : Nur Khothimatun Fitriyah
NIM / NIP : K7120194
×

Nur Khothimatun Fitriyah. K7120194. Pembimbing I: Dr. Suhartono, M.Pd. Pembimbing II: Drs. Muh. Chamdani, M.Pd.  PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN LKPD ELEKTRONIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS TENTANG BAGAIMANA KITA HIDUP DAN BERTUMBUH PADA SISWA KELAS VB SD NEGERI 1 KEDUNGWINANGUN TAHUN AJARAN 2023/2024. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Maret 2024.

Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan LKPD elektronik untuk meningkatkan hasil belajar IPAS; (2) meningkatkan hasil belajar IPAS melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan LKPD elektronik; (3) mendeskripsikan kendala dan solusi dalam penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan LKPD elektronik untuk meningkatkan hasil belajar IPAS.

Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ialah guru dan siswa kelas VB SD Negeri 1 Kedungwinangun. Data yang digunakan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumen, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) langkah-langkah penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan LKPD elektronik untuk meningkatkan hasil belajar IPAS tentang bagaimana kita hidup dan bertumbuh pada siswa kelas VB SD Negeri 1 Kedungwinangun tahun ajaran 2023/2024 adalah sebagai berikut: (a) orientasi masalah, (b) pengorganisasian siswa untuk belajar dengan LKPD elektronik, (c) pembimbingan proses penyelidikan siswa menggunakan LKPD elektronik, (d) pengembangan dan penyajian hasil karya berbantuan LKPD elektronik, dan (e) analisis dan evaluasi proses pemecahan masalah; (2) penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan LKPD elektronik dapat meningkatkan hasil belajar IPAS tentang bagaimana kita hidup dan bertumbuh pada siswa kelas VB SD Negeri 1 Kedungwinangun tahun ajaran 2023/2024 dengan persentase rata-rata ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I = 75%, siklus II = 83,34%, dan siklus III = 91,67%; (3) kendala dalam penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan LKPD elektronik untuk meningkatkan hasil belajar IPAS tentang bagaimana kita hidup dan bertumbuh pada siswa kelas VB SD Negeri 1 Kedungwinangun tahun ajaran 2023/2024 yaitu (a) siswa sulit dikondisikan, (b) siswa kesulitan dalam menggunakan LKPD elektronik, (c) siswa kurang aktif dalam kerja kelompok, (d) siswa kurang memperhatikan pembelajaran, (e) siswa kurang bekerja sama dalam berdiskusi, dan (f) siswa kurang berani menyampaikan pendapat. Adapun solusi dari kendala tersebut yaitu: (a) guru lebih tegas dalam mengondisikan siswa dan menekankan tata tertib belajar, (b) guru menjelaskan dan mendemonstrasikan cara penggunaan LKPD elektronik dengan bahasa yang mudah dipahami, (c) guru menstimulus siswa untuk berani mencoba dan berperan aktif dalam kerja kelompok, (d) guru mengingatkan siswa dan melakukan ice breaking agar siswa fokus dan memperhatikan pembelajaran, (e) guru menjelaskan dan mengarahkan tugas masing-masing anggota kelompok, dan (f) guru mengapreasiasi dan memotivasi siswa serta memberikan kepercayaan dan kesempatan pada siswa untuk berpendapat.

Simpulan penelitian ini yaitu penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan LKPD elektronik dapat meningkatkan hasil belajar IPAS tentang bagaimana kita hidup dan bertumbuh pada siswa kelas VB SD Negeri 1 Kedungwinangun tahun ajaran 2023/2024.

×
Penulis Utama : Nur Khothimatun Fitriyah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7120194
Tahun : 2024
Judul : Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan LKPD Elektronik untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS tentang Bagaimana Kita Hidup dan Bertumbuh pada Siswa Kelas VB SD Negeri 1 Kedungwinangun Tahun Ajaran 2023/2024
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2024
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Problem Based Learning (PBL), LKPD elektronik, Hasil Belajar IPAS
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Suhartono, M.Pd.
2. Drs. Muh. Chamdani, M.Pd.
Penguji : 1. Dr. Kartika Chrysti Suryandari, M.Si.
2. Dr. Murwani Dewi Wijayanti, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.