Penulis Utama : Mutiara An Nisaa'
NIM / NIP : K7119177
×

Mutiara An Nisaa’. HUBUNGAN MINAT MEMBACA DAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN SE-KECAMATAN KEBUMEN TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. April 2023.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan positif dari minat membaca terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia, hubungan positif dari kemampuan membaca pemahaman terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia serta hubungan positif antara minat membaca dan kemampuan membaca pemahaman terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN se-Kecamatan Kebumen tahun ajaran 2022/2023.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN se-Kecamatan Kebumen sebanyak 1424 siswa. Sampel pada penelitian ini yaitu sebanyak 361 siswa kelas V di 13 dari 56 SDN se-Kecamatan Kebumen yang dipilih secara acak dengan teknik cluster random sampling menggunakan bantuan aplikasi SPSS. Teknik pengumpulan data menggunakan skala psikologi dan tes. Skala psikologi digunakan untuk pengumpulan data penelitian pada variabel minat membaca, sedangkan tes digunakan pada variabel kemampuan membaca pemahaman dan hasil belajar Bahasa Indonesia. Uji prasyarat menggunakan uji normalitas, linearitas, dan multikolinearitas. Analisis data yang digunakan yaitu uji korelasi berganda dan sumbangan efektif (SE) dengan taraf signifikansi 5%.
Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat membaca dan kemampuan membaca pemahaman terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN se-Kecamatan Kebumen (nilai Sig. 0,000 < 0>Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa ada korelasi positif dan signifikan antara minat membaca dan kemampuan membaca pemahaman terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN se-Kecamatan Kebumen tahun ajaran 2022/2023 dengan minat membaca memberikan sumbangan sebesar 31,60% terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia. Hasil penelitian ini sesuai dengan teori yang ada dan didukung dengan penelitian yang relevan.

 

×
Penulis Utama : Mutiara An Nisaa'
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7119177
Tahun : 2023
Judul : Hubungan Minat Membaca dan Kemampuan Membaca Pemahaman Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN Se-Kecamatan Kebumen Tahun Ajaran 2022/2023
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Minat membaca, Membaca pemahaman, Hasil belajar Bahasa Indonesia
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ratna Hidayah, M.Pd
2. Drs. Ngatman, M.Pd
Penguji : 1. Dr. Suhartono, M.Pd
2. Dr. Kartika Chrysti Suryandari, M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.