Penulis Utama : Najwa Azzurradhah Anggun Prasetya
NIM / NIP : I0119127
×

Pekerjaan pada industri kontruksi dianggap sebagai salah satu pekerjaan paling berbahaya untuk dikerjakan karena banyaknya kecelakaan yang terjadi di lokasi konstruksi. Kecelakaan tersebut dapat memiliki dampak terhadap produktivitas proyek melibatkan biaya, mutu, dan waktu. Terdapat beberapa pendekatan mengenai perencanaan keselamatan konstruksi untuk mengatasi masalah tentang keselamatan kerja. Dewasa ini, teknologi BIM merupakan teknologi paling maju di bidang konstruksi salah satunya terhadap perencanaan keselamatan kerja untuk mengidentifikasi potensi kecelakaan kerja dan pengembangan rencana mitigasi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh dan model implementasi BIM dengan K3 untuk meminimalkan kecelakaan kerja pada proyek kontruksi tahap perencanaan.

Studi pustaka melalui jurnal, buku, dan internet dilakukan guna mengetahui variabel dan model implementasi BIM dengan K3 untuk meminimalkan kecelakaan kerja di proyek konstruksi tahap perencanaan yang selanjutnya akan dibuatkan kuesioner. Kuesioner tersebut akan disebar kepada 34 responden dengan metode Delphi. Responden pada penelitian ini adalah praktisi BIM yang meliputi BIM Manager, BIM Coordinator, BIM Engineer, BIM Modeler, BIM Drafter, BIM Surveyor, dan BIM Researcher. Wawancara turut dilakukan sebagai evaluasi hasil pengolahan data kuesioner dan untuk mendapatkan masukan lebih lanjut mengenai model implementasi BIM dengan K3 untuk meminimalkan kecelakaan kerja pada tahap perencanaan.  Kesepakatan dalam data dapat tercapai dan dianggap valid jika perbedaan nilai koefisien variasi (CV) antara putaran pertama dan kedua kurang dari 0,2 atau 20%, sehingga putaran Delphi dapat diakhiri.

Berdasarkan analisis tinjauan literatur dan hasil wawancara dengan metode Delphi, diperoleh kesimpulan bahwa terdapat tujuh dari delapan variabel pendekatan implementasi BIM dengan K3 yang dapat meminimalkan kecelakaan kerja pada proyek konstruksi tahap perencanaan. Tiga variabel pendekatan BIM dengan K3 yang paling berpengaruh dalam meminimalkan kecelakaan kerja pada proyek konstruksi tahap perencanaan adalah (1) Model 4D BIM; (2) Simulasi 4D BIM; dan (3) Design for Safety (DfS). Diikuti dengan hasil model pendekatan implementasi BIM dengan K3 yang dapat meminimalkan kecelakaan kerja pada proyek konstruksi tahap perencanaan yaitu terdapat dua model (1) Pemodelan BIM 8D untuk Prevention through Design (PtD); dan (2) Model Platform Berbasis Aturan.

×
Penulis Utama : Najwa Azzurradhah Anggun Prasetya
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0119127
Tahun : 2023
Judul : Pengaruh Integrasi Teknologi Building Information Modeling (BIM) terhadap Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dalam Meminimalkan Kecelakaan Kerja pada Proyek Konstruksi Tahap Perencanaan dengan Metode Delphi
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik - 2023
Program Studi : S-1 Teknik Sipil
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Building Information Modeling (BIM), kecelakaan kerja, Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), proyek konstruksi, tahap perencanaan, metode delphi
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Widi Hartono, S.T., M.T.
2. Dr. Dewi Handayani, S.T., M.T.
Penguji : 1. Ir. Adi Yusuf Muttaqien, M.T.
2. Dr. Galuh Chrismaningwang, S.T., M.T.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.