Penulis Utama : Alwi Aryandaru
NIM / NIP : K7119022
×

Alwi Aryandaru. K7119022. Pembimbing I: Dr. Suhartono, M.Pd. Pembimbing II: Drs. Muhamad Chamdani, M.Pd. PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI BLENGORKULON TAHUN AJARAN 2022/ 2023. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret, Juli 2023.
Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model pembelajaran quantum teaching untuk meningkatkan hasil belajar IPS materi proklamasi kemerdekaan pada siswa kelas V SDN Blengorkulon Tahun Ajaran 2022/2023; (2) meningkatkan hasil belajar IPS materi proklamasi kemerdekaan melalui model pembelajaran quantum teaching pada siswa kelas V SDN Blengorkulon Tahun Ajaran 2022/2023; (3) mendeskripsikan kendala dan solusi dalam penerapan model pembelajaran quantum teaching untuk meningkatkan hasil belajar IPS materi proklamasi kemerdekaan pada siswa kelas V SDN Blengorkulon Tahun Ajaran 2022/2023.
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri Blengorkulon. Data yang digunakan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data terdiri dari teknik tes dan non tes. Teknik tes berupa rubrik penilaian hasil belajar siswa. Teknik non tes berupa observasi, wawancara, dan kajian dokumen. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data dilaksanakan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) langkah-langkah penerapan model quantum teaching untuk meningkatkan hasil belajar IPS materi proklamasi kemerdekaan pada siswa kelas V SD Negeri Blengorkulon tahun ajaran 2022/2023 adalah sebagai berikut: (a) tumbuhkan, (b) alami, (c) namai, (d) demonstrasikan, (e) ulangi, dan (f) rayakan; (2) penerapan model quantum teaching dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi proklamasi kemerdekaan pada siswa kelas V SD Negeri Blengorkulon tahun ajaran 2022/2023 dengan persentase ketuntasan siswa pada siklus I sebesar 69,23%, siklus II sebesar 84,62%, dan siklus III sebesar 92,31%. Pada siklus I ke siklus II meningkat sebesar 15,39%. Pada siklus II ke siklus III meningkat sebesar 7,69%. Rata-rata nilai siswa siklus I pertemuan 1 adalah 75,96 dan pertemuan 2 rata-rata nilai siswa 78,85. Siklus II pertemuan 1 rata-rata nilai siswa 81,92 dan pertemuan 2 rata-rata nilai siswa sebesar 84,62. Siklus III rata-rata nilai siswa 88,85; (3) kendala penerapan model quantum teaching untuk meningkatkan hasil belajar IPS materi proklamasi kemerdekaan pada siswa kelas V SD Negeri Blengorkulon tahun ajaran 2022/2023 salah satunya yaitu siswa sulit dikondisikan dan solusi dari kendala tersebut yaitu guru memberikan motivasi kepada siswa.
Simpulan penelitian ini yaitu penerapan model quantum teaching dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi proklamasi kemerdekaan pada siswa kelas V SD Negeri Blengorkulon tahun ajaran 2022/2023.

×
Penulis Utama : Alwi Aryandaru
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7119022
Tahun : 2023
Judul : PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI BLENGORKULON TAHUN AJARAN 2022/2023
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : hasil belajar, quantum teaching, proklamasi kemerdekaan
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Suhartono, M.Pd.
2. Drs. Muhamad Chamdani, M.Pd.
Penguji : 1. Drs. Wahyudi, M.Pd.
2. Drs. Ngatman, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.