Penulis Utama : Ananda Dea Prasella
NIM / NIP : K7519005
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif melalui implementasi model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) pada Elemen 10 Pengelolaan Humas dan Keprotokolan siswa kelas XI MPLB SMK N 1 Sukoharjo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sumber data penelitian diperoleh Informan (guru pengampu Elemen 10 Pengelolaan Humas dan Keprotokolan dan siswa XI MPLB 1 SMK N 1 Sukoharjo), dokumen (modul ajar, LKPD, daftar hadir siswa, daftar nilai siswa hasil tes kemampuan berpikir kreatif, hasil observasi kemampuan berpikir kreatif, dan hasil observasi keterlaksanaan model pembelajaran CPS. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi dan dokumentasi. Uji validitas data dilakukan dengan menggunakan experts judgement dan  triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif (deskriptif komparatif) dan analisis data kualitatif  (reduksi data, penyajian data, dan verifikasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil rata – rata tes kemampuan berpikir kreatif pra siklus sebesar 39,93% dengan ketuntasan sebesar 11,11% masuk dalam kategori kurang kreatif, pada siklus I hasil rata – rata tes kemampuan berpikir kreatif meningkat menjadi 59,72% dengan ketuntasan sebesar 38,89% masuk dalam kategori cukup kreatif, dan pada siklus II hasil rata – rata tes kemampuan berpikir kreatif meningkat menjadi 70,14% dengan ketuntasan sebesar 80,56% masuk dalam kategori kreatif. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa dengan model pembelajaran CPS dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XI MPLB 1 SMK N 1 Sukoharjo.

×
Penulis Utama : Ananda Dea Prasella
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7519005
Tahun : 2023
Judul : Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Melalui Implementasi Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Pada Elemen 10 Pengelolaan Humas Dan Keprotokolan Siswa Kelas XI MPLB SMK N 1 Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Kata kunci : kemampuan berpikir kreatif, model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS), Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Susantiningrum, S.Pd., S.E., M.A.B
2. Winarno, S.Kom., M.Pd
Penguji : 1. Prof. Dr. C. Dyah Sulistyaningrum I, M.Pd.
2. Nur Rahmi Akbarini,S.Pd., M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.