Penulis Utama : Rina Kinasih
NIM / NIP : D0318054
×

Rina Kinasih. D0318054. Dosen Pembimbing: Dr. Argyo Demartoto, M.Si. “STRATEGI BERTAHAN HIDUP BERBASIS MODAL EKONOMI, MODAL SOSIAL, DAN MODAL BUDAYA (Studi Kasus pada Tukang Jok Motor di Kota Semarang, Jawa Tengah)”. Skripsi, Surakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret Surakarta, Februari 2023.

Perkembangan jumlah kendaraan bermotor membuat usaha servis jok motor juga mengalami perkembangan karena faktor kenyamanan dan keindahan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis strategi bertahan hidup berbasis modal ekonomi, modal sosial, dan modal budaya dengan studi kasus pada tukang jok motor di Kota Semarang, (2) menganalisis dimensi internal dan dimensi eksternal yang berperan dalam strategi bertahan hidup berbasis modal ekonomi, modal sosial, dan modal budaya dengan studi kasus pada tukang jok motor di Kota Semarang, serta (3) menganalisis dampak kondisi perekonomian dari tukang jok motor di Kota Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data dari penelitian ini meliputi strategi bertahan hidup berbasis modal ekonomi, modal sosial, dan modal budaya dengan informan sebanyak enam tukang jok motor di Kota Semarang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik uji validitas yang digunakan adalah triangulasi. Analisis data dengan menggunakan teknik analisis interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, strategi bertahan hidup yang dilakukan oleh para tukang jok motor di Kota Semarang dengan menggunakan modal ekonomi (menambah jam kerja, membolehkan negosiasi harga guna menambah pelanggan mereka, dan menjual sebagian harta mereka untuk modal bisnis), modal sosial (membangun pertemanan dengan sesama tukang jok motor dan menjalin hubungan erat dengan saudara), dan modal budaya (pertimbangan pemilihan lokasi bisnis di dekat kawasan kampung padat penduduk). Kedua, dimensi internal yang berperan dalam strategi bertahan hidup para tukang jok motor di Kota Semarang yaitu skill atau kemampuan personal yang dimiliki untuk dapat membuat jok motor yang rapi dan bervariasi. Sementara dimensi eksternal yang berperan yaitu hubungan baik dengan distributor, pelanggan, dan sesama tukang jok motor di Kota Semarang. Ketiga, dampak perekonomian tukang jok motor di Kota Semarang yaitu penghasilan yang cukup untuk kebutuhan sehari-hari, anggapan bahwa usaha jok motor memiliki jangka waktu yang lama dan prospek yang bagus, berusaha melakukan penghematan untuk kebutuhan sehari-hari, dan dibantu oleh keluarga mereka, seperti istri yang juga mengatur keuangan dan saudara yang menambah modal baru.

×
Penulis Utama : Rina Kinasih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0318054
Tahun : 2023
Judul : STRATEGI BERTAHAN HIDUP BERBASIS MODAL EKONOMI, MODAL SOSIAL, DAN MODAL BUDAYA (Studi Kasus pada Tukang Jok Motor di Kota Semarang, Jawa Tengah)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2023
Program Studi : S-1 Sosiologi
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : strategi bertahan hidup; modal ekonomi; modal sosial; modal ekonomi; tukang jok motor
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Argyo Demartoto, M.Si.
Penguji : 1. Dr. Akhmad Ramdhon, S.Sos., M.A.
2. Dra. Rahesli Humsona, M.Si.
3. Dr. Argyo Demartoto, M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.