Penulis Utama : Vivi Novatona
NIM / NIP : K7119270
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil pengembangan bahan ajar matematika berbasis diferensiasi konten untuk peserta didik kelas IV di SD Negeri Karangasem IV Surakarta yang valid dan praktis.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development (R&D) dengan menggunakan model 4D oleh Thiagarajan yang terdiri dari tahap Define, Design, Develop, and Disseminate. Namun, pada penelitian ini dilakukan sampai tahap pengembagan (Develop). Penelitian dilakukan di SDN Karangasem IV Surakarta dengan subjek penelitian yaitu guru dan peserta didik kelas IV. Data diperoleh melalui angket validasi ahli materi, media, bahasa, praktisi; angket peserta didik; observasi; wawancara; dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik statistik deskriptif.
Hasil penelitian ini yaitu sebagai berikut. Pertama, pada tahap pendefinisian (define), ditemukan permasalah terkait ketersediaan bahan ajar matematika yang belum memfasilitasi kebutuhan peserta didik, sehingga diperlukan pengembangan bahan ajar. Kedua, pada tahap desain (design), pada tahap dilakukan pemilihan format media, perancangan, dan produksi/pembuatan bahan ajar. Ketiga, pada tahap pengembangan (development), bahan ajar divalidasi oleh ahli sebelum dilakukan uji terbatas. Validasi materi memperoleh rata-rata skor persentase 86,9%, validasi media memperoleh rata-rata skor persentase 90,3%, dan validasi bahasa yang memperoleh rata-rata skor persentase 100%, dan penilaian oleh praktisi (guru) dengan skor persentase sebesar 90,5%. Selanjutnya, penilaian peserta didik pada saat uji terbatas yang memperoleh skor persentase 87,1%. Berdasarkan hasil penelitian, kevalidan bahan ajar dari aspek materi, media, bahasa, dan praktisi dapat dikatakan valid dengan kategori sangat layak. Kepraktisan bahan ajar dari angket respon peserta didik memperoleh skor dalam kategori sangat baik (praktis). Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar matematika berbasis diferensiasi konten untuk peserta didik kelas IV SD Negeri Karangasem IV Surakarta dinyatakan valid dan praktis.

×
Penulis Utama : Vivi Novatona
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7119270
Tahun : 2023
Judul : Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Diferensiasi Konten untuk Peserta Didik Kelas IV SD Negeri Karangasem IV Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Bahan ajar, pembelajaran berdiferensiasi, kebutuhan peserta didik
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Riyadi, M.Si.
2. Drs. Tri Budiharto, M.Pd.
Penguji : 1. Dr. Sandra Bayu Kurniawan, S.Pd., M.Pd.
2. Anesa Surya, S.Pd., M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.