Penulis Utama : Devanie Anggun Putri Leksana
NIM / NIP : H0819037
×

Meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya pemenuhan gizi dan vitamin mengakibatkan masyarakat semakin masif dalam mengonsumsi buah-buahan. Salah satu buah yang digemari masyarakat adalah jeruk siam karena rasanya yang cenderung manis dan mudah ditemukan di pasaran, tak terkecuali masyarakat di Kota Surakarta. Kota Surakarta menjadi pasar yang potensial bagi buah jeruk siam karena tingkat konsumsi masyarakat terhadap buah-buahan meningkat dari tahun ke tahunnya. Di sisi lain, konsumsi masyarakat terhadap buah jeruk siam mengalami fluktuasi dari tahun ke tahun. Tingkat konsumsi masyarakat yang berfluktuatif membuat permintaan terhadap buah jeruk siam juga tidak menentu jumlahnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang memengaruhi permintaan buah jeruk siam serta elastisitas permintaan buah jeruk siam di Kota Surakarta.

Metode dasar yang digunakan dalam dalam penelitian ini adalah metode kausal komparatif. Pengambilan lokasi penelitian adalah secara sengaja (purposive) yaitu Kota Surakarta karena didasarkan pada jumlah penduduk yang terus meningkat serta munculnya kesadaran akan pentingnya mengonsumsi buah-buahan masyarakatnya. Pengambilan sampel menggunakan metode accidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dari hasil wawancara dan data sekunder dari data Badan Pusat Statistik (BPS). Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan bantuan aplikasi IBM SPSS 25 yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji koefisien determinasi, uji F, uji t, dan uji dominan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sumbangan variabel harga buah jeruk siam, harga buah jeruk mandarin, harga buah apel, harga buah mangga, pendapatan rumah tangga, jumlah anggota keluarga, dan selera terhadap variasi permintaan buah jeruk siam di Kota Surakarta sebesar 62,7%, sedangkan sisanya yaitu 37,3% dipengaruhi variabel-variabel lain diluar variabel yang diteliti. Variabel harga buah jeruk siam, harga buah jeruk mandarin, harga buah apel, harga buah mangga, pendapatan rumah tangga, jumlah anggota keluarga, dan selera secara bersama-sama berpengaruh terhadap permintaan buah jeruk siam di Kota Surakarta. Secara parsial, variabel harga buah jeruk siam, harga buah jeruk mandarin, harga buah mangga, pendapatan rumah tangga, dan selera berpengaruh signifikan, sedangkan variabel harga buah apel dan jumlah anggota keluarga tidak berpengaruh signifikan terhadap permintaan buah jeruk siam di Kota Surakarta. Faktor yang paling dominan memengaruhi permintaan buah jeruk siam di Kota Surakarta adalah selera. Elastisitas harga diketahui bersifat elastis. Berdasar koefisien elastisitas silang diketahui bahwa buah jeruk mandarin merupakan barang substitusi, sedangkan buah mangga merupakan barang komplementer dari buah jeruk siam. Elastisitas pendapatan menunjukkan bahwa buah jeruk siam merupakan barang normal.

×
Penulis Utama : Devanie Anggun Putri Leksana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0819037
Tahun : 2023
Judul : Faktor-Faktor yang Memengaruhi Permintaan Buah Jeruk Siam di Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Pertanian - 2023
Program Studi : S-1 Agribisnis
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Jeruk Siam, Permintaan, Elastisitas
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : https://doi.org/10.37149/jia.v8i6.943
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Ir. Mohamad Harisudin, M.Si.
2. Refa'ul Khairiyakh, S.P., M.Sc.
Penguji : 1. Dr. Fanny Widadie, S.P., M.Agr.
Catatan Umum : Link Jurnal Error
Fakultas : Fak. Pertanian
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.