Penulis Utama : Arpina Amalia
NIM / NIP : M0619011
×

           Tamanu oil dapat digunakan untuk perawatan bibir kering dan pecah-pecah dan sunflower oil mengandung vitamin E yang dapat melembabkan dan meregenerasi sel kulit bibir. Adanya potensi tersebut yang mendasari kombinasi tamanu oil dan sunflower oil perlu dikembangkan menjadi suatu bentuk sediaan lip balm. Pada penelitian ini dilakukan optimasi formula untuk menghasilkan formula optimal lip balm yang memenuhi persyaratan mutu sediaan.

           Optimasi formula dilakukan menggunakan software Design Expert metode simplex lattice design dengan 8 run formula yang terdiri dari tamanu oil dan sunflower oil. Karakterisasi dilakukan dengan parameter pH dan peningkatan kelembaban bibir, lalu diverifikasi menggunakan one sample t-test pada IBM Statistic SPSS 21. Formula optimal lip balm dibuat 3 replikasi dan dievaluasi mutu sediaannya meliputi uji stabilitas freeze thaw dengan pemeriksaan organoleptik, homogenitas, dan pH, serta dilakukan uji suhu lebur, uji daya oles, uji iritasi, dan uji efektivitas kelembaban bibir.

            Formula optimal lip balm yang dihasilkan memiliki rasio 4:1 yaitu terdiri dari 20% tamanu oil dan 5% sunflower oil serta memiliki nilai desirabilitas 0,951dengan prediksi parameter pH 4,166 dan peningkatan kelembaban bibir sebesar 5,296. Hasil karakterisasi formula optimal menunjukkan nilai pH 4,1667 dan nilai peningkatan kelembaban bibir 5,24. Hasil analisis menunjukkan lip balm hasil observasi tidak berbeda signifikan terhadap pH dan peningkatan kelembaban bibir (p-value >0,05) dengan hasil prediksi dari metode simplex lattice design. Lip balm yang dihasilkan berbentuk semi padat, berwarna kuning cerah, beraroma lavender, serta homogen. Hasil uji stabilitas freeze thaw selama 12 hari menunjukkan lip balm stabil pada uji organoleptis, uji homogenitas, dan uji pH (p-value >0,05). Lip balm yang dihasilkan lolos pada uji daya oles, uji iritasi, dan uji suhu lebur, serta efektif sebagai pelembab bibir karena berbeda signifikan (p-value <0> lip balm rutin pagi dan malam meningkat hingga 65?ri kondisi awal bibir.

×
Penulis Utama : Arpina Amalia
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : M0619011
Tahun : 2024
Judul : OPTIMASI FORMULA SEDIAAN LIP BALM DENGAN KOMBINASI TAMANU OIL (Calophyllum inophyllum L.) DAN SUNFLOWER OIL (Helianthus annuus L.) MENGGUNAKAN METODE SIMPLEX LATTICE DESIGN SERTA EVALUASI MUTU SEDIAAN
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. MIPA - 2024
Program Studi : S-1 Farmasi
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Lip balm, minyak nyamplung, minyak biji bunga matahari, simplex lattice design
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. apt. Rita Rakhmawati, S.Farm., M.Si.
2. Prof. Dr. apt. Ahmad Ainurofiq, S.Si., M.Si.
Penguji : 1. apt. Syaiful Choiri, S.Farm., M.Pharm. Sci.
2. Dr. apt. Nestri Handayani, S.Si., M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. MIPA
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.