Penulis Utama : Fahrani Tri Oktavianita
NIM / NIP : K4419035
×

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) latar belakang berdirinya komunitas Solo Societeit; (2) peran Solo Societeit dalam mengeksplorasi sejarah lokal Surakarta; (3) hambatan dan strategi Solo Societeit dalam mengeksplorasi sejarah lokal Surakarta.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini yaitu narasumber/informan, tempat, bangunan dan peristiwa, dokumen seperti materi yang digunakan story teller, AD/ART, salinan daftar hadir peserta, foto, video dan sumber pustaka seperti buku, skripsi/thesis/disertasi, website, dan koran digital. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan snowball sampling dan simple random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara dengan pengurus dan peserta blusukan sejarah Solo Societeit, observasi lapangan ke tempat riset dan blusukan sejarah, analisis dokumen dan studi pustaka. Uji validitas data yang digunakan yaitu triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data interaktif model Miles and Huberman. 
Hasil dari penelitian ini adalah (1) Solo Societeit berdiri pada tanggal 6 Mei 2018 di Surakarta. Terbentuknya Solo Societeit dilatar belakangi oleh adanya kegelisahan mengenai perkembangan ilmu sejarah karena terdapat kajian sejarah lokal yang kurang mendalam, keberadaan komunitas sebelumnya karena dinilai hanya menawarkan tema-tema yang sudah umum dibahas, adanya pengaruh komunitas sebelumnya, adanya kecintaan dan kepedulian para pendiri terhadap kelestarian sejarah dan budaya kota Surakarta; (2) Dalam mengeksplorasi sejarah lokal Surakarta, Solo Societeit melakukan beberapa peran seperti mengeksplorasi sejarah lokal secara mendalam dengan menggunakan sumber primer; memfasilitasi masyarakat untuk belajar sejarah dengan cara yang menarik melalui blusukan sejarah dan diskusi; mempromosikan sejarah lokal melalui berbagai media seperti media sosial, media cetak, TV dan radio; (3) Hambatan yang dialami Solo Societeit yaitu kurangnya kecocokan waktu antar anggota, terbatasnya jumlah anggota, sumber informasi sejarah yang sulit di akses dan latar belakang peserta blusukan yang beragam. Strategi yang digunakan untuk mengatasi hambatan tersebut seperti diskusi melalui grup WhatsApp, mengadakan pertemuan kecil anggota secara berkala, melakukan pendekatan komunikasi kepada pemilik sumber sejarah, menyampaikan narasi sejarah dengan bahasa yang familiar dan lugas serta refleksi value atau nilai-nilai dari setiap kegiatan yang dilaksanakan.

×
Penulis Utama : Fahrani Tri Oktavianita
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4419035
Tahun : 2024
Judul : PERAN KOMUNITAS SOLO SOCIETEIT DALAM MENGEKSPLORASI SEJARAH LOKAL SURAKARTA
Edisi :
Imprint : SURAKARTA - Fak. KIP - 2024
Program Studi : S-1 Pendidikan Sejarah
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Peran, Komunitas, Solo Societeit, Eksplorasi, Sejarah Lokal
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sariyatun, M. Pd., M. Hum.
2. Dadan Adi Kurniawan, S. Pd., MA
Penguji : 1. Isawati, S. Pd., MA
2. Nur Fatah Abidin, S. Pd., M. Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.