Penulis Utama : Intan Rachmadanti Al-huda
NIM / NIP : H1019021
×

POPULASI DAN PERSEBARAN LUTUNG JAWA (Trachypitecus auratus Geoffroy E, 1812) DI HUTAN SOKOKEMBANG, PETUNGKRIYONO, PEKALONGAN, JAWA TENGAH. Skripsi: Intan Rachmadanti Al-Huda (H1019021). Pembimbing: Dr. Ike Nurjuita Nayasilana, S.Si., M.Si. dan Galuh Masyithoh, S.Hut., M.Si. Program Studi Pengelolaan Hutan, Fakultas Pertanian, Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta.

Lutung jawa (Trachyphitecus auratus) merupakan salah satu primata endemik Pulau Jawa dan Bali. Populasi lutung jawa diperkirakan telah mengalami penurunan hingga 30% selama tiga generasi terakhir. Habitat lutung jawa yang dapat ditemui di Pulau Jawa mulai dataran rendah hingga dataran tinggi salah satunya di hutan Sokokembang, Petungkriyono yang terletak di Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah. Upaya konservasi lutung jawa memerlukan data serta pengkajian mengenai persebaran, ukuran, serta kondisi populasi lutung jawa di habitat aslinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui parameter demografi dan pola persebaran lutung jawa di hutan Sokokembang.

Penelitian ini dilaksanakan pada petak 18–petak 21 di hutan Sokokembang, Petungkriyono, Pekalongan, Jawa Tengah pada Bulan Mei hingga Juni 2023. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan consentration count method dengan titik pengamatan berdasarkan informasi dari masyarakat setempat dan survey pendahuluan pada jalur yang sering dijumpai lutung jawa. Pengambilan data dilakukan pada jam aktif lutung jawa. Sedangkan analisis data dilakukan dengan menggunakan Microsoft excel dan software ArcGis 10.8.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 100 individu lutung jawa di hutan Sokokembang yang tersebar dalam 11 kelompok. Struktur kelompok lutung jawa di hutan Sokokembang bervariasi antara 3 hingga 23 individu dalam setiap kelompok. Ukuran kelompok lutung jawa bersifat dinamis, dikarenakan adanya potensi bertambah atau berkurangnya individu dengan melihat komposisi struktur umur dalam suatu kelompok. Kelas umur lutung jawa di hutan Sokokembang di dominasi oleh kelas umur dewasa dengan jumlah individu sebanyak 67 individu lutung jawa. Sedangkan kelas umur remaja sebanyak 19 individu dan kelas umur anak sebanyak 14 individu. Sex ratio atau nisbah kelamin populasi lutung jawa di hutan Sokokembang memiliki variasi pada tiap kelompok sebesar 1:2 hingga 1:6 individu. Kepadatan populasi lutung jawa di Hutan Sokokembang adalah 7,46 individu per km2. Lutung jawa di hutan Sokokembang tersebar pada ketinggian 300 mdpl hingga 700 mdpl. Hasil analisis pola distribusi populasi lutung jawa menunjukkan pola acak (random) pada kesebelas kelompok lutung jawa di hutan Sokokembang. Pola distribusi acak pada satwa merupakan pola sebaran individu atau kelompok dalam suatu populasi yang tidak tergantung pada individu atau kelompok lain dan tidak dipengaruhi oleh faktor lingkungan yang bervariasi. Pola ini menunjukkan bahwa kelompok lutung jawa tersebar secara acak di seluruh lokasi penelitian.

×
Penulis Utama : Intan Rachmadanti Al-huda
Penulis Tambahan : 1.
2.
NIM / NIP : H1019021
Tahun : 2024
Judul : POPULASI DAN PERSEBARAN LUTUNG JAWA (Trachypithecus auratus Geoffroy E, 1812) DI HUTAN SOKOKEMBANG, PETUNGKRIYONO, PEKALONGAN, JAWA TENGAH
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Pertanian - 2024
Program Studi : S-1 Pengelolaan Hutan
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Analisis Nearest Neighbor, Lutung Jawa, Persebaran, Populasi, Hutan Sokokembang
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ike Nurjuita Nayasilana, S.Si., M.Si.
2. Galuh Masyithoh, S.Hut., M.Si.
Penguji : 1. Ir. Rissa Rahmadwiati, S.Hut., M.Sc.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.