Penulis Utama : Fitriyani Nurkhotijah
NIM / NIP : K7120102
×

Fitriyani Nurkhotijah. K7120102. PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DENGAN MEDIA FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN NUMERASI DAN HASIL BELAJAR PECAHAN PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 2 WALUYOREJO TAHUN AJARAN 2023/2024. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Maret 2024

Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan langkah-langkah pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dengan media flashcard untuk meningkatkan kemampuan numerasi dan hasil belajar pecahan pada siswa kelas III SDN 2 Waluyorejo tahun ajaran 2023/2024; (2) meningkatkan kemampuan numerasi siswa kelas III SDN 2 Waluyorejo tahun ajaran 2023/2024; (3) meningkatkan hasil belajar pecahan pada siswa kelas III SDN 2 Waluyorejo tahun ajaran 2023/2024; serta (4) mendeskripsikan kendala dan solusi dalam penerapan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dengan media flashcard untuk meningkatkan kemampuan numerasi dan hasil belajar pecahan pada siswa kelas III SDN 2 Waluyorejo tahun ajaran 2023/2024.

Penelitian tindakan kelas ini merupakan penelitian kolaboratif yang dilaksanakan selama 3 siklus dengan 5 pertemuan, setiap pertemuan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas III SDN 2 Waluyorejo tahun ajaran 2023/2024 yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Sumber data penelitian ini adalah guru dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan nontes. Alat pengumpulan data penelitian ini menggunakan lembar lembar observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data dilaksanakan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dilakukan dengan langkah-langkah: (a) memahami masalah/konteks; (b) menjelaskan masalah; (c) menyelesaikan masalah; (d) membandingkan dan mendiskusikan jawaban; serta (e) menyimpulkan; (2) penerapan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dengan media flashcard dapat meningkatkan kemampuan numerasi siswa kelas III SDN 2 Waluyorejo tahun ajaran 2023/2024 yang dibuktikan dari hasil observasi terhadap siswa pada siklus I = 73,61%, siklus II = 87,5%, dan siklus III = 94,67%; (3) penerapan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dengan media flashcard dapat meningkatkan hasil belajar pecahan siswa kelas III SDN 2 Waluyorejo tahun ajaran 2023/2024 yang dibuktikan dari hasil tes siswa pada siklus I = 78,84%, siklus II = 90,38%, dan siklus III = 92,31; (4) kendala penerapan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dengan media flashcard yaitu: (a) siswa kesulitan memahami masalah kontekstual; (b) siswa cenderung menyontek hasil jawaban siswa; (c) siswa kesulitan mengaitkan masalah dan konsep Matematika; (d) siswa belum mampu menanggapi hasil diskusi; (e) siswa sulit dikondisikan; dan (f) siswa belum mencatat hal-hal penting, solusi untuk mengatasi kendala tersebut yaitu: (a) guru memfokuskan siswa agar memperhatikan masalah yang disajikan; (b) guru membimbing siswa dengan memberi arahan agar mengerjakan secara mandiri; (c) guru memberikan pemahaman kepada siswa melalui contoh di sekitar; (d) guru memotivasi siswa agar berani untuk menanggapi hasil diskusi; (e) guru memberikan pengawasan kepada siswa; dan (f) guru membimbing siswa untuk mencatat hal-hal penting.

Simpulan penelitian ini yaitu penerapan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dengan media flashcard untuk meningkatkan kemampuan numerasi dan hasil belajar pecahan pada siswa kelas III SDN 2 Waluyorejo tahun ajaran 2023/2024.

×
Penulis Utama : Fitriyani Nurkhotijah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7120102
Tahun : 2024
Judul : Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dengan Media Flashcard untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi dan Hasil Belajar Pecahan pada Siswa Kelas III SD Negeri 2 Waluyorejo Tahun Ajaran 2023/2024
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2024
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Realistic Mathematics Education, flashcard, kemampuan numerasi, hasil belajar
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Suhartono, M.Pd
2. Drs. Wahyudi, M.Pd
Penguji : 1. Dr. Moh. Salimi, M.Pd
2. Dr. Achmad Basari Eko Wahyudi, M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.