Penulis Utama : Tessa Bela Safera
NIM / NIP : K4220077
×

Tessa Bela Safera. K4220077. Pembimbing I: Dr. Kenfitria Diah Wijayanti, S.S., M.Hum. Pembimbing II: Dewi Pangestu Said, S.Pd., M.Pd. ANALISIS KOHESI ANA ING PARIWARA RADHIO BASA JAWA LAN GAYUTANE KANGGO MATERI AJAR PARIWARA ING SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta, Maret 2024.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bentuk kohesi di iklan radio bahasa Jawa, (2) Makna kohesi di iklan radio bahasa Jawa, dan (3) Relevansi bentuk dan makna kohesi di iklan radio bahasa Jawa untuk materi ajar iklan di Sekolah Menengah Pertama. Penelitian ini berupa penelitian kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Data penelitian berwujud kata, frasa, klausa, dan kalimat yang mengandung kohesi di dalam iklan radio bahasa Jawa, yaitu dari Radio Swara Slenk, Mendhut, 93,1, dan SGP Suara Sakti yang diambil pada bulan September sampai Desember 2023. Sumber data primer dalam penelitian ini berwujud dokumen transkrip rekaman pariwara Motor Listrik, Radhio Swara Slenk, Renovasi Rumah, Biomoringa, Madu Asoka, Testimoni Biomoringa, Herba Pro, dan Jiman Pro, serta sumber data sekunder dari informan seperti ahli bahasa, guru, dan siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan rekam, simak, catat, dan wawancara. Teknik analisis data kualitatif Miles dan Huberman dengan mengumpulkan data, reduksi data, menampilkan data, dan menarik kesimpulan.
Berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwa pertama, analisis bentuk kohesi terdapat jenis kohesi yang lengkap, yaitu kohesi gramatikal ada pengacuan, penyulihan, pelesapan, dan perangkaian, serta kohesi leksikal ada repetisi, sinonimi, antonimi, kolokasi, hiponimi, dan ekuivalensi. Kedua, analisis makna kohesi yang dimaknai berdasarkan kamus bausastra Jawa. Ketiga, hasil penelitian dapat digunakan sebagai materi ajar iklan di Sekolah Menengah Pertama, karena iklan dari radio bahasa Jawa menarik dalam pemilihan kata menggunakan bahasa sehari- hari yang mudah untuk siswa.

×
Penulis Utama : Tessa Bela Safera
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4220077
Tahun : 2024
Judul : Analisis Kohesi Ana ing Pariwara Radhio Basa Jawa lan Gayutane Kanggo Materi Ajar Pariwara ing Sekolah Menengah Pertama
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2024
Program Studi : S-1 Pendidikan Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Kohesi, iklan, radio bahasa Jawa, materi ajar
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Kenfitria Diah Wijayanti, S.S., M.Hum.
2. Dewi Pangestu Said, S.Pd., M.Pd.
Penguji : 1. Dr. Budi Waluyo, S.S., M.Pd.
2. Prima Veronika, S.Pd., M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.