Penulis Utama : Rina Muliyawati
NIM / NIP : K4215053
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan bentuk kohesi gramatikal dalam wacana artikel pada rubrik jagad Jawa dalam harian Solopos; (2) mendeskripsikan bentuk kohesi leksikal dalam wacana artikel pada  rubrik jagad Jawa dalam harian Solopos; (3) menjelaskan relevansi kohesi gramatikal dan leksikal pada wacana artikel pada rubrik jagad Jawa dalam harian Solopos sebagai materi ajar bahasa Jawa kelas X di Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan kajian wacana. Data dalam penelitian ini berupa kata, frasa, klausa, dan kalimat yang mengandung aspek kohesi gramatikal dan leksikal yang terdapat dalam wacana artikel pada rubrik jagad Jawa dalam harian Solopos, serta relevansinya sebagai materi ajar Bahasa Jawa kelas X di Sekolah Menengah Atas. Sumber data dalam penelitian ini adalah dokumen yang berupa berita berbahasa Jawa pada rubrik jagad  Jawa  dalam  harian  Solopos  dan  informan  yaitu  guru, siswa,  serta ahli bahasa dan sastra. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa analisis dokumen dan wawancara.   Teknik   uji   validitas   data   menggunakan   triangulasi   data   dan triangulasi teori. Teknik analisis data yaitu analisis data interaktif yang meliputi, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa wacana artikel berita berbahasa Jawa dalam rubrik jagad Jawa dalam harian Solopos sudah menggunakan aspek kohesi gramatikal dan leksikal yang baik dan tepat. Kohesi gramatikal yang digunakan pada wacana artikel berita berbahasa Jawa dalam rubrik jagad Jawa dalam harian Solopos adalah aspek kohesi gramatikal pengacuan sebanyak 44% dengan  jumlah  data  182,  substitusi  sebanyak  3%  dengan  jumlah  data  13, pelesapan sebanyak 9% dengan jumlah data 39, dan konjungsi sebanyak 44% dengan jumlah data 183. Kohesi leksikal yang digunakan pada wacana artikel berita berbahasa Jawa dalam rubrik jagad Jawa dalam harian Solopos adalah aspek kohesi leksikal repetisi sebanyak 46% dengan jumlah data 57, sinonimi sebanyak 19% dengan jumlah data 24, antonimi sebanyak 11% dengan jumlah data 14, kolokasi sebanyak 14% dengan jumlah data 17, hiponimi sebanyak 4% dengan  jumlah  data  5,  dan  ekuivalensi  sebanyak  6%  dengan  jumlah  data  7. Wacana artikel berita berbahasa Jawa  dalam rubrik Jagad Jawa sangat relevan, serta  dapat  dijadikan  sebagai  alternatif  materi  ajar  pada  kompetensi  dasar menelaah teks pawarta (berita) kelas X di SMA sesuai dengan kurikulum 2013.


Kata kunci: wacana, kohesi, berita berbahasa Jawa, materi ajar.

 

×
Penulis Utama : Rina Muliyawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4215053
Tahun : 2019
Judul : Analisis Kohesi Gramatikal dan Leksikal Wacana Artikel Berita dalam Harian Solopos Serta Relevansinya Sebagai Materi Ajar Bahasa Jawa Kelas X di Sekolah Menengah Atas
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Prog Studi Pendidikan Bahasa Jawa-K4215053-2019
Kata Kunci : wacana, kohesi, berita berbahasa Jawa, materi ajar.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Djoko Sulaksono, S.Pd., M.Pd.
2. Dr. Atikah Anindyarini, S.S.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.