Penulis Utama : Luluk Na’imah
NIM / NIP : K4214027
×

ABSTRAK


Penelitian   ini   bertujuan   untuk   mendeskripsikan   dan   menjelaskan: (1) bentuk kohesi pada kumpulan crita cekak Menyok lan Bothekan karya Nardi, (2) bentuk koherensi pada kumpulan crita cekak Menyok lan Bothekan karya Nardi, dan (3) relevansi kumpulan crita cekak Menyok lan Bothekan karya Nardi sebagai materi ajar dalam pembelajaran bahasa Jawa kelas  X di SMA.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa kata-kata, frasa, klausa, dan kalimat yang mengandung aspek kohesi dan koherensi dalam wacana pada kumpulan crita cekak Menyok lan Bothekan karya Nardi. Sumber data pada penelitian ini adalah dokumen dan informan.   Teknik   pengambilan   sampel   dalam   penelitan   ini   menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa analisis dokumen dan wawancara. Uji validitas data adalah triangulasi sumber data dan triangulasi teori. Teknik   analisis   data   yakni   analisis   data   interaktif   yang   meliputi   tahap pengumpulan   data,   reduksi   data,   penyajian   data,   dan   simpulan.   Prosedur penelitian ini dilakukan dengan tahap pendahuluan, pengembangan instrumen, pengumpulan data, dan penulisan laporan.
Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa wacana sastra kumpulan crita cekak Menyok lan Bothekan karya Nardi merupakan wacana yang kohesif dan koheren. Hal tersebut dikarenakan ditemukannya (1) bentuk kohesi gramatikal terdiri dari pengacuan (referensi), penyulihan (substitusi), pelesapan (elipsis), dan perangkaian (konjungsi), (2) bentuk kohesi leksikal terdiri dari repetisi (pengulangan), sinonimi (padan kata), antonimi (lawan kata), kolokasi (sanding kata), hiponimi, dan ekuivalensi (kesepadanan), dan (3) bentuk koherensi yang ditemukan meliputi hubungan sebab-akibat, sarana-hasil, alasan-sebab, sarana-tujuan, latar-kesimpulan, syarat-hasil, parafrastis, amplikatif, aditif waktu, identifikatif, dan genetik-spesifik. Wacana sastra buku kumpulan crita cekak Menyok lan Bothekan karya Nardi sesuai apabila dijadikan sebagai materi ajar dalam pembelajaran bahasa Jawa di SMA.

Kata kunci: kohesi, koherensi, kumpulan crita cekak, materi ajar bahasa Jawa

 

×
Penulis Utama : Luluk Na’imah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4214027
Tahun : 2018
Judul : Analisis Kohesi dan Koherensi pada Kumpulan Crita Cekak Menyok Lan Bothekan Karya Nardi serta Relevansinya sebagai Materi Ajar dalam Pembelajaran Bahasa Jawa di SMA
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP, Prog. Studi Pend. Bahasa Jawa- K4214027-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Edy Suryanto, M. Pd.
2. Kenfitria Diah Wijayanti, S. S., M. Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.