Penulis Utama : Miftahul Jannah
NIM / NIP : K1319046
×

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kemampuan berpikir kritis matematis siswa laki-laki dan perempuan dengan disposisi matematis tinggi, (2) mengetahui kemampuan berpikir kritis matematis siswa laki-laki dan perempuan dengan disposisi matematis sedang, (3) mengetahui kemampuan berpikir kritis matematis siswa laki-laki dan perempuan dengan disposisi matematis rendah. 
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, dengan subjek penelitian berjumlah 12 orang. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Sumber data diperoleh melalui tes kemampuan berpikir kritis matematis, angket disposisi matematis, dan wawancara. Data tersebut diperoleh melalui angket disposisi matematis siswa laki-laki dan perempuan, tes kemampuan berpikir kritis matematis dianalisis berdasarkan indikator kemampuan berpikir kritis matematis pada setiap tingkatan disposisi matematis, dan wawancara terstuktur. Validasi data menggunakan triangulasi metode. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. 

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa disposisi matematis siswa laki-laki maupun perempuan MTsTQ Al Rasyid terbagi menjadi tiga kategori yaitu tinggi, sedang dan rendah. Siswa laki-laki dan perempuan yang mempunyai disposisi matematis tinggi mempunyai kemampuan berpikir kritis matematis tinggi atau baik. Siswa laki-laki dan perempuan yang mempunyai disposisi matematis tinggi mampu memenuhi semua indikator kemampuan berpikir kritis matematis. Siswa laki-laki dan perempuan yang mempunyai disposisi matematis sedang mempunyai kemampuan berpikir kritis matematis tinggi. Siswa laki-laki dan perempuan yang berdisposisi matematis sedang mampu memenuhi tiga hingga empat indikator kemampuan berpikir kritis matematis. Siswa laki-laki dan perempuan yang mempunyai disposisi matematis rendah mempunyai kemampuan berpikir kritis matematis rendah, mereka hanya mampu memenuhi satu indikator kemampuan berpikir kritis matematis.

×
Penulis Utama : Miftahul Jannah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1319046
Tahun : 2024
Judul : Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas VIII MTsTQ Al Rasyid Tahun Ajaran 2022/2023 Ditinjau dari Disposisi Matematis dan Jenis Kelamin
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2024
Program Studi : S-1 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : kemampuan berpikir kritis matematis, disposisi matematis, jenis kelamin
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ikrar Pramudya, M.Si.
2. Dyah Ratri Aryuna, S.Pd., M.Si.
Penguji : 1. Dr. Triyanto, S.Si., M.Si.
2. Henny Ekana Chrisnawati, S.Si., M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.