Penulis Utama : Farda Nila Ramadani
NIM / NIP : K1318026
×

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis matematis pada materi bangun ruang sisi datar ditinjau dari self confidence siswa SMP Negeri 1 Banyudono. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan total subjek penelitian yaitu enam siswa kelas IX SMP Negeri 1 Banyudono. Pemilihan subjek penelitian dilakukan dengan purposive sampling. Data yang dicari adalah kemampuan berpikir kritis matematis pada materi bangun ruang sisi datar serta tingkatan self confidence siswa. Data tersebut diperoleh dari pemberian angket self confidence siswa, tes kemampuan berpikir kritis matematis, dan wawancara berbasis tugas. Adapun angket yang digunakan adalah angket skala likert 4 tingkat, serta tes dan tugas kemampuan berpikir kritis matematisnya berupa soal uraian. Teknik uji validitas yang digunakan adalah triangulasi metode yang membandingkan hasil tes kemampuan berpikir kritis matematis dengan wawancara berbasis tugas. Analisis data yang digunakan adalah langkah-langkah yang sesuai dengan pendapat Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data / penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian dari penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) Siswa kelas IX SMP Negeri 1 Banyudono tahun ajaran 2022/2023 dengan Self Confidence tinggi pada materi bangun ruang sisi datar memiliki kecenderungan mampu menguasai semua indikator kemampuan berpikir kritis matematis dengan baik, mulai dari indikator interpretasi hingga inferensi. (2) Siswa kelas IX SMP Negeri 1 Banyudono tahun ajaran 2022/2023 dengan Self Confidence sedang pada materi bangun ruang sisi datar memiliki kecenderungan mampu menguasai dengan baik pada indikator interpretasi dan inferensi, serta kurang baik dalam menguasai indikator analisis dan evaluasi. (3) Siswa kelas IX SMP Negeri 1 Banyudono tahun ajaran 2022/2023 dengan Self Confidence rendah pada materi bangun ruang sisi datar memiliki kecenderungan kurang baik dalam menguasai indikator interpretasi dan inferensi, serta belum mampu menguasai indikator analisis dan evaluasi dengan baik. 

×
Penulis Utama : Farda Nila Ramadani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1318026
Tahun : 2024
Judul : Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Self Confidence Siswa SMP Negeri 1 Banyudono Tahun 2022/2023
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2024
Program Studi : S-1 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Self Confidence, Bangun Ruang Sisi Datar
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ira Kurniawati, S.Si., M.Pd.
2. Yemi Kuswardi, S.Si., M.Pd.
Penguji : 1. Sutopo, S.Pd., M.Pd.
2. Dr. Farida Nurhasanah, M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.