Penulis Utama : Aulia Nurul Husna
NIM / NIP : K1319018
×

Aulia Nurul Husna. K1319018. Pembimbing I: Dr. Triyanto, S.Si., M.Si., Pembimbing II: Arum Nur Wulandari, S.Pd., M.Pd., “ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DITINJAU DARI DISPOSISI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 7 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2022/2023”. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2023.

Kemampuan koneksi matematis merupakan kemampuan menghubungkan konsep antar topik dalam matematika, menghubungkan topik matematika dengan bidang ilmu lain, dan menghubungkan topik matematika dengan kehidupan seharihari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun ajaran 2022/2023 dalam menyelesaikan soal topik geometri materi bangun ruang sisi datar ditinjau dari disposisi matematis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data yang digunakan yaitu data tingkat disposisi matematis siswa yang diperoleh melalui angket disposisi matematis dan data kemampuan koneksi matematis siswa yang diperoleh dari hasil tes koneksi matematis beserta wawancara berbasis tugas. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 6 siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Ajaran 2022/2023 yang dipilih melalui teknik puposive sampling. Validasi data menggunakan triangulasi metode. Teknik analisis data dalam penelitian ini terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) siswa dengan tingkat disposisi matematis tinggi mampu memenuhi tiga indikator koneksi matematis, yaitu menghubungkan antar topik dalam matematika, menghubungkan topik matematika dengan disiplin ilmu lain, dan menghubungkan topik dalam matematika dengan kehidupan sehari-hari, (2) siswa dengan tingkat disposisi matematis sedang mampu memenuhi dua indikator koneksi matematis, yaitu menghubungkan topik dalam matematika dengan kehidupan sehari-hari dan menghubungkan antar topik dalam matematika/ menghubungkan topik matematika dengan disiplin ilmu lain, (3) siswa dengan kategori disposisi matematis rendah sebagian mampu memenuhi satu indikator koneksi matematis yaitu menghubungkan topik matematika dengan disiplin ilmu lain, selebihnya tidak ada siswa dengan kategori disposisi matematis rendah yang memenuhi ketiga indikator koneksi matematis.

×
Penulis Utama : Aulia Nurul Husna
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1319018
Tahun : 2023
Judul : ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DITINJAU DARI DISPOSISI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 7 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2022/2023
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Bangun Ruang Sisi Datar, Disposisi Matematis, Geometri, Koneksi Matematis
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Triyanto, S.Si., M.Si.
Penguji : 1. Arum Nur Wulandari, S.Pd., M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.