Penulis Utama : Ulfah Nailatussa’adah
NIM / NIP : K1315052
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Boyolali dalam menyelesaikan soal matematika pada materi bangun ruang sisi datar jika ditinjau dari kecerdasan spasial dan mengetahui penyebab kesulitan tersebut.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini diambil menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria yang telah ditentukan. Subjek penelitian ini adalah 6 orang siswa kelas VIII F. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara berbasis tugas untuk mendapatkan data kesulitan dan penyebab kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal pada materi bangun ruang sisi datar. Teknik validitas data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi waktu. Teknik analisis data dilakukan dengan mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Siswa dengan kecerdasan spasial tinggi mengalami: (1) kesulitan menentukan strategi dan (2) kesulitan dalam melakukan prosedur matematik. Siswa dengan kecerdasan spasial sedang mengalami: (1) kesulitan menerjemahkan masalah ke dalam model matematika, (2) kesulitan menentukan strategi, dan (3) kesulitan dalam melakukan prosedur matematik. Siswa dengan kecerdasan spasial rendah mengalami: (1) kesulitan memahami masalah, (2) kesulitan menerjemahkan masalah ke dalam model matematika, (3) kesulitan menentukan strategi, dan (4) kesulitan dalam melakukan prosedur matematik. Penyebab kesulitan tersebut adalah emosi yakni rasa gugup yang dialami siswa ketika membaca soal sehingga menimbulkan kesalahan membaca, ketidak pahaman siswa mengenai unsur dan konsep-konsep pada bangun ruang sisi datar, serta kurangnya waktu pengerjaan yang dirasakan oleh siswa.

Kata kunci: analisis kesulitan, bangun ruang sisi datar, kecerdasan spasial, penyebab kesulitan

 

×
Penulis Utama : Ulfah Nailatussa’adah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1315052
Tahun : 2019
Judul : Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Kecerdasan Spasial Siswa Kelas VIII SMP (Penelitian Dilakukan di SMP Negeri 5 Boyolali Tahun Ajaran 2018/2019)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP-Program Studi Pendidikan Matematika-K1315052-2019
Kata Kunci : analisis kesulitan, bangun ruang sisi datar, kecerdasan spasial, penyebab kesulitan
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Budi Usodo, M.Pd.,
2. Dyah Ratri Aryuna, S.Pd., M.Si.,
Penguji :
Catatan Umum : Lamp Unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.