Penulis Utama : Bella Luftiana Herawati
NIM / NIP : K1317010
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMP dengan tipe kepribadian guardian, artisan, rational, dan idealist dalam memecahkan masalah matematika kontekstual pada materi bangun ruang sisi datar.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP N 2 Klaten tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 8 subjek. Prosedur pemilihan subjek menggunakan teknik purposive sampling yaitu criterian sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan menggunkan metode angket, tes, dan wawancara. Angket yang diberikan adalah angket tipe kepribadian. Tes berbentuk soal uraian. Validasi data dengan triangulasi waktu. Teknis analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian dianalisis berdasarkan pada indikator berpikir kritis menurut Watson-Glaser II, yaitu : (1) Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dengan Tipe Kepribadian Guardian dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar adalah : (a) siswa mampu menuliskan dan menjelaskan apa saja yang diketahui dan ditanyakan pada soal dengan benar dan lengkap, (b) mampu menganalisis dan mengidentifikasi soal yaitu menggambarkan bangun ruang dengan benar dan lengkap, menyebutkan langkah-langkah yang digunakan untuk memperoleh penyelesaian, menghitung dan mengerjakan soal dengan benar dan menjelaskan konsep yang digunakan, (c) subjek dengan tipe kepribadian guardian mampu menjelaskan kesimpulan dari permasalahan tersebut, meyakini kebenaran dari hasil pekerjaan yang dilakukan, serta menuliskan rumus yang mereka pakai dalam proses perhitungan. (2) Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dengan Tipe Kepribadian Artisan dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar adalah : (a) siswa mampu menuliskan dan menjelaskan apa saja yang diketahui dan ditanyakan pada soal dengan benar dan lengkap, (b) siswa mampu menyebutkan langkah-langkah yang digunakan untuk memperoleh penyelesaian. Namun kurang jelas dan kurang tepat dalam menggambarkan bangun ruang yang dimaksud serta kurang mampu menjelaskan konsep yang digunakan, (c) mampu menentukan alternatif cara lain, namun meyakini kebenaran dari hasil pekerjaan yang dilakukan menyelesaikan masalah dan melakukan pemeriksaan kembali terhadap pekerjaannya. (3) Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dengan Tipe Kepribadian Rational dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar adalah : (a) mampu mengumpulkan kunci atau masalah sebagai informasi lebih lanjut pada sebuah pernyataan, (b) mampu menganalisis dan mengidentifikasi soal yaitu menggambarkan bangun ruang dengan benar, menyebutkan langkah-langkah yang digunakan untuk memperoleh penyelesaian, menghitung dan mengerjakan soal dengan benar serta mampu menjelaskan konsep yang digunakan, (c) cenderung mampu menentukan alternatif cara lain dalam menyelesaikan masalah, menjelaskan kesimpulan dari permasalahan tersebut, meyakini kebenaran dari hasil pekerjaan yang dilakukan, dan mampu memeriksa kembali pekerjaannya sebelum dikumpulkan. (4) Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dengan Tipe Kepribadian Idealist dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar adalah : (a) mampu mengumpulkan kunci atau masalah sebagai informasi lebih lanjut pada sebuah pernyataan, (b) mampu menyebutkan langkah-langkah yang digunakan untuk memperoleh penyelesaian, mampu menghitung dan mengerjakan soal dengan benar dan mampu menentukan konsep yang digunakan, (c) mampu menjelaskan kesimpulan dari permasalahan tersebut, meyakini kebenaran dari hasil pekerjaan yang dilakukan, serta melakukan pemeriksaan kembali terhadap pekerjaannya, serta cenderung mampu menentukan alternatif cara lain dalam menyelesaikan masalah.

×
Penulis Utama : Bella Luftiana Herawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1317010
Tahun : 2021
Judul : Analisis Kemampuan Berpikir Kritis dalam Memecahkan Masalah Matematika Kontekstual pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Tipe Kepribadian Siswa Kelas VIII SMP
Edisi :
Imprint : SURAKARTA - Fak. KIP - 2021
Program Studi : S-1 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : bangun ruang sisi datar, berpikir kritis, pemecahan masalah kontekstual, tipe kepribadian
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Budi Usodo, M.Pd.
2. Drs. Ponco Sujatmiko, M.Si.
Penguji : 1. Sutopo, S.Pd., M.Pd.
2. Dr. Laila Fitriana, S.Pd., M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.