Penulis Utama : Rahman Malik
NIM / NIP : S251608022
×

Penelitian ini bertujuan untuk melihat relasi agen dan struktur sosial berbasis modal sosial pada penyandang  disabilitas  di  komunitas  LINKSOS  sebagai  bagian dari  upaya mereka terlepas dari praktik diskriminasi dan stigma negatif yang dilakukan pemerintah daerah dan masyarakat  Kota Malang melalui struktur sosial  yang berkembang di kota Malang. Penelitian ini juga melihat tindakan sosial yang berasal dari hasil proses relasi agen dan struktur penyandang disabilitas di komunitas LINKSOS sebagai alat peluang untuk mencapai tujuan mereka di komunitas LINKSOS untuk dapat keluar dari praktek diskriminasi pemerintah daerah dan masyarakat kota Malang. Penelitian ini menggunakan teori sturkturas Giddens dan modal sosial Fukuyama. Metode penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini dilakukan di komunitas difabel LINKSOS di Kota Malang, Jawa Timur, Indonesia. Teknik penentuan informan di dalam penelitian ini adalah purposive. Adapun teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan   wawancara,   observasi,   dan   dokumentasi.   Teknik   analisis   data   yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan penjodohan pola Yin .Teknik keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik validasi responden.
Hasil  penelitian  ini  menunjukkan  bahwa  adanya  dua  bentuk  relasi  hubungan dualitas  yang  dinamis  antara  agen  dan  struktur  berbasis  modal  sosial  di  komunitas disabilitas  LINKSOS.  Hubungan  dualitas  tersebut  yakni  hubungan  dualitas  agen  dan struktur secara mikro yakni hubungan antar para penyandang disabilitas dan struktur sosial komunitas di dalam komunitas LINKSOS. Hubungan dualitas agen dan struktur secara makro dengan melibatkan tindakan sosial agensi para penyandang disabilitas komunitas LINKSOS dengan struktur sosial masyarakat dan pemerintah kota Malang. Dua bentuk hubungan dualitas agen dan struktur yang bersifat mikro dan makro ini sangat dipengaruhi oleh peran modal sosial agen sebagai sumberdaya peluang (enabling) untuk memproduksi dan mereproduksi struktur sosial secara mikro dan makro. Tindakan sosial para penyandang disabilitas  LINKSOS  yang  dihasilkan  dari  proses  hubungan  relasi  dualitas  agen  dan struktur pada skala mikro ada tiga  bentuk tindakan sosial kolektif di komunitas LINKSOS yakni tindakan ekonomi, advokasi, dan edukatif. Ketiga tindakan sosial ini digunakan para agen penyandang disabilitas    LINKSOS untuk menghimpun modal sosial yang dipergunakan sebagai alat peluang (enabling) agensi untuk mereproduksi struktur sosial masyarakat dan pemerintah yang bersifat diskriminatif terhadap penyandang disabilitas di Kota Malang (constraining).

Kata Kunci: Agen, Struktur, Komunitas Disabilitas, Linkar Sosial (LINKSOS), Tindakan Sosial, Modal Sosial.

 

×
Penulis Utama : Rahman Malik
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S251608022
Tahun : 2019
Judul : Relasi Antara Agen dan Struktur Berbasis Modal Sosial Komunitas Difabel (Studi Kasus pada Penyandang Disabilitas Tuna Netra Komunitas Linkar Sosial Kota Malang)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Pascasarjana - 2019
Program Studi : S-2 Sosiologi
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Pascasarjana-S251608022
Kata Kunci : Agen, Struktur, Komunitas Disabilitas, Linkar Sosial (LINKSOS), Tindakan Sosial, Modal Sosial.
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. R.B. Soemanto, M.A.
2. Dr. Drajat Tri Kartono. M.Si
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublishy
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.