Penulis Utama : Rachma Intan Prasetyowati
NIM / NIP : K1220060
×

ABSTRAK

Rachma Intan Prasetyowati K1220060. Pembimbing I : Dr. Sugit Zulianto M,Pd. Pembimbing II : Drs. Slamet Mulyono M,Pd. KONFLIK SOSIAL DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FILM MENCURI RADEN SALEH KARYA ANGGA DWIMAS SASONGKO SERTA RELEVANSINYA SEBAGAI MATERI AJAR PEMBELAJARAN BAHASA DI SMK. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, April 2024.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan konflik sosial dalam film Mencuri Raden Saleh karya Angga Dwimas Sasongko, (2) mendeskripsikan nilai pendidikan karakter dalam film Mencuri Raden Saleh karya Angga Dwimas Sasongko, (3) mendeskripsikan relevansi film Mencuri Raden Saleh karya Angga Dwimas Sasongko sebagai materi ajar pembelajaran bahasa di SMK. Pendekatan penelitian ini dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah film Mencuri Raden Saleh karya Angga Dwimas Sasongko dan Informan guru Bahasa Indonesia di SMK. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik Purposive Sampling.Pengumpulan data dengan menggunakan teknik analisis dokumentasi dan wawancara. Konflik sosial yang terkandung dalam film Mencuri Raden Saleh karya Angga Dwimas Sasongko yakni, konflik antarindividu, antarkelompok, antargenerasi, antarstatus dan peran, dan antarkelas sosial. Nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam film Mencuri Raden Saleh karya Angga Dwimas Sasongko juga dianalisis memiliki nilai pendidikan karakter yakni, nilai religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, demokratif, mandiri, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli sosial, tangggung jawab. Dalam film ini konflik sosial yang mendominasi adalah konflik antarindividu. Nilai pendidikan yang sering muncul dalam film ini adalah nilai rasa ingin tahu. Dari penelitian ini dapat disimpulkan juga bahwa film Mencuri Raden Saleh karya Angga Dwimas Sasongko dapat digunakan sebagai materi ajar pembelajaran bahasa di SMK pada kelas XII Fase F.

×
Penulis Utama : Rachma Intan Prasetyowati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1220060
Tahun : 2024
Judul : Konflik Sosial dan Nilai Pendidikan Karakter dalam Film Mencuri Raden Saleh Karya Angga Dwimas Sasongko Serta Relevansinya Sebagai Materi Ajar Pembelajaran Bahasa di SMK
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2024
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Film, Konflik Sosial, Nilai Pendidikan Karakter, SMK
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Link DOI : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sugit Zulianto, M.Pd
2. Drs. Slamet Mulyono, M.Pd
Penguji : 1. Dr. Raheni Suhita, M.Hum
2. Dr. Nugraheni E. W., S.S. M.Hum
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.