Penulis Utama : Aprian Rahmawati
NIM / NIP : K8120011
×

Aprian Rahmawati. K8120011. Pembimbing I: Dr. Upik Elok Endang Rasmani, M.Pd. Pembimbing II: Anjar Fitrianingtyas, S.Pd., M.Pd. MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI MEDIA PUTARAN KATA DI TKIU AL-KHOIR SURAKARTA. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Mei 2024.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak melalui media putaran kata dan mendeskripsikan bagaimana implementasi media putaran kata untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun di TKIU Al-Khoir Surakarta tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini ialah penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Mc Taggart dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Penelitian tindakan kelas dilakukan selama dua siklus yang tiap siklusnya terdiri tiga pertemuan serta dilaksanakan pada empat tahap yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun TKIU Al-Khoir Surakarta yang berjumlah 25 anak. Sumber data dalam penelitian kelas ini ialah guru dan anak. Teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan unjuk kerja. Uji validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan ialah analisis data kuantitatif menggunakan analisis deskriptif komparatif dan analisis data kualitatif menggunakan analisis model Milles dan Huberman. Pada pratindakan diperoleh ketuntasan hasil kemampuan membaca permulaan sebanyak 24%. Pada siklus I diperoleh kentuntasan kemampuan membaca permulaan anak meningkat sebesar 56%. Pada siklus II diperoleh ketuntasan kemampuan membaca permulaan anak juga meningkat secara signifikan sebesar 92%. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa melalui penerapan media putaran kata, anak dapat mengenali huruf, anak dapat menyebutkan simbol-simbol huruf vokal dan konsonan, anak dapat membedakat kata yang memiliki huruf awal yang sama, anak dapat menarik kesimpulan mengenai maksud dari bacaan. Berdasarkan uraian diatas, hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama dua siklus tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa media putaran kata dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun di TKIU Al-Khoir Surakarta.

 

×
Penulis Utama : Aprian Rahmawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8120011
Tahun : 2024
Judul : Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Putaran Kata di TKIU Al-Khoir Surakarta
Edisi :
Imprint : SURAKARTA - Fak. KIP - 2024
Program Studi : S-1 Pendidikan Anak Usia Dini
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Kemampuan membaca permulaan, anak usia 5-6 tahun, media putaran kata
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Upik Elok Endang Rasmani, M.Pd
2. Anjar Fitrianingtyas, S.Pd., M.Pd
Penguji : 1. Dr. Anayanti Rahmawati, S.Psi., Psi., MA.
2. Vera Sholeha, S.Pd., M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.