Penulis Utama : Carissabel Veda Deskhaprastha
NIM / NIP : K7620019
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh pengenalan lapangan persekolahan terhadap minat menjadi guru mahasiswa FKIP UNS; (2) Pengaruh lingkungan keluarga terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa FKIP UNS; (3) Pengaruh pengenalan lapangan persekolahan terhadap efikasi diri pada mahasiswa FKIP UNS; (4) Pengaruh lingkungan keluarga terhadap efikasi diri pada mahasiswa FKIP UNS; (5) Pengaruh efikasi diri terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa FKIP UNS; (6) Pengaruh pengenalan lapangan persekolahan terhadap minat menjadi guru melalui efikasi diri pada mahasiswa FKIP UNS; (7) Pengaruh lingkungan keluarga terhadap minat menjadi guru melalui efikasi diri pada mahasiswa FKIP UNS.

Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa aktif Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta angkatan 2020. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling berupa proportionated random sampling dengan jumlah sampel 184 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dengan skala Likert yang disebarkan melalui google form. Analisis data yang digunakan adalah path analysis dengan menggunakan software SPSS 26.

Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan pengenalan lapangan persekolahan terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa FKIP UNS; (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungan keluarga terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa FKIP UNS; (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan pengenalan lapangan persekolahan terhadap efikasi diri pada mahasiswa FKIP UNS; (4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungan keluarga terhadap efikasi diri pada mahasiswa FKIP UNS; (5) Terdapat pengaruh positif dan signifikan efikasi diri terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa FKIP UNS; (6) Terdapat pengaruh positif dan signifikan pengenalan lapangan persekolahan terhadap minat menjadi guru melalui efikasi diri pada mahasiswa FKIP UNS; (7) Terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungan keluarga terhadap minat menjadi guru melalui efikasi diri pada mahasiswa FKIP UNS.

×
Penulis Utama : Carissabel Veda Deskhaprastha
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7620019
Tahun : 2024
Judul : PENGARUH PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT MENJADI GURU DENGAN EFIKASI DIRI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA MAHASISWA FKIP UNS
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2024
Program Studi : S-1 Pendidikan Ekonomi
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Pengenalan Lapangan Persekolahan, Lingkungan Keluarga, Efikasi Diri, Minat Menjadi Guru.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Mintasih Indriayu M.Pd.
Penguji : 1. Dr. Sudarno, M.Pd.
2. Budi Wahyono, S.Pd., M.Pd., Ph.D.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.