Penulis Utama : Farah Adiba
NIM / NIP : V0721036
×

Farah Adiba. V0721036. Sistem Informasi Manajemen Pelayanan Pemberian Hak Pakai Atas Tanah Pada Badan Pertanahan Nasional Kota Surakarta. Program Studi Diploma III Manajemen Administrasi. Fakultas Sekolah Vokasi, Universitas Sebelass Maret.2024

      Pengamatan ini merupakan salah satu bentuk investigasi terkait pengembangan layanan pemerintahan digital di bidang pemerintahan yaitu dengan penggunaan platform informasi dan sistem aplikasi manajemen. Saat ini platform informasi dan sistem aplikasi manajemen telah menjadi upaya pemerintah Kota Surakarta untuk terwujudnya sebagai kota lengkap dimana hal itu mampu untuk meningkatkan perencanaan kota dan pengambilan keputusan dengan mengintegrasikan data tentang sumber daya, layanan, dan infrastruktur. Pembaruan sistem secara real-time membantu alokasi sumber daya dan manajemen krisis yang efektif. Secara keseluruhan, hal ini mendorong tata kelola kota yang cerdas dan berbasis data. Oleh karena itu pada pengamatan ini bertujuan untuk terkait dengan faktor pengakuan dan promosi dalam lingkungan ekonomi digital. Pengelolaan data dan informasi pertanahan yang baik memainkan peran penting dalam mencapai tujuan pembangunan nasional berkelanjutan, kegiatan ini merupakan bagian penting dalam mewujudkan tata kelola informasi pelayanan yang dimiliki oleh pemerintahan melalui Kantor Pertanahan Naisonal Kota Surakarta. Pada pengamatan ini menggunakan metode pengamatan observasi partisipatif, metode ini dapat diketahui sebagai observasi yang berhubungan langsung dengan pekerjaan yang berkaitan dengan objek observasi atau kegiatan yang diamati. Dengan tujuan untuk menggambarkan proses Gambaran proses pelayanan pemberian hak pakai secara sistematis, akurat dan jelas. Membuktikan sebuah fakta, aktivitas, peristiwa nyata, dan permasalahan yang diamati sekaligus mengetahui bagaimana proses sebuah pengamatan lebih memusatkan pembahasannya pada suatu temuan fakta-fakta yang ada didalamnya sebagaimana dalam keadaan yang sebenar-benarnya. Pada hal ini pengamat mendeskripsikan tentang hal-hal yang terkait dengan Sistem Informasi Pelayanan Pemberian Hak Pakai Atas Tanah. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa penggunaan sistem informasi pelayanan pada pemberian hak pakai atas tanah telah memberikan kemudahan dan percepatan dalam proses pelayanan. Integrasi antara aplikasi Loketku, Komputerisasi Kantor Pertanahan, dan SLOKA memungkinkan proses yang terstruktur dan terhubung secara elektronik, dari pengajuan hingga penerbitan sertifikat elektronik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa digitalisasi layanan pemerintahan di Kantor Badan Pertanahan Nasional Kota Surakarta telah meningkatkan efisiensi dan kualitas pelayanan kepada masyarakat, serta mendukung terwujudnya tata kelola pemerintahan yang baik dan tujuan pembangunan nasional berkelanjutan.

      Pengamatan ini merupakan salah satu bentuk investigasi terkait pengembangan layanan pemerintahan digital di bidang pemerintahan yaitu dengan penggunaan platform informasi dan sistem aplikasi manajemen. Saat ini platform informasi dan sistem aplikasi manajemen telah menjadi upaya pemerintah Kota Surakarta untuk terwujudnya sebagai kota lengkap dimana hal itu mampu untuk meningkatkan perencanaan kota dan pengambilan keputusan dengan mengintegrasikan data tentang sumber daya, layanan, dan infrastruktur. Pembaruan sistem secara real-time membantu alokasi sumber daya dan manajemen krisis yang efektif. Secara keseluruhan, hal ini mendorong tata kelola kota yang cerdas dan berbasis data. Oleh karena itu pada pengamatan ini bertujuan untuk terkait dengan faktor pengakuan dan promosi dalam lingkungan ekonomi digital. Pengelolaan data dan informasi pertanahan yang baik memainkan peran penting dalam mencapai tujuan pembangunan nasional berkelanjutan, kegiatan ini merupakan bagian penting dalam mewujudkan tata kelola informasi pelayanan yang dimiliki oleh pemerintahan melalui Kantor Pertanahan Naisonal Kota Surakarta.

Pada pengamatan ini menggunakan metode pengamatan observasi partisipatif, metode ini dapat diketahui sebagai observasi yang berhubungan langsung dengan pekerjaan yang berkaitan dengan objek observasi atau kegiatan yang diamati. Dengan tujuan untuk menggambarkan proses Gambaran proses pelayanan pemberian hak pakai secara sistematis, akurat dan jelas. Membuktikan sebuah fakta, aktivitas, peristiwa nyata, dan permasalahan yang diamati sekaligus mengetahui bagaimana proses sebuah pengamatan lebih memusatkan pembahasannya pada suatu temuan fakta-fakta yang ada didalamnya sebagaimana dalam keadaan yang sebenar-benarnya. Pada hal ini pengamat mendeskripsikan tentang hal-hal yang terkait dengan Sistem Informasi Pelayanan Pemberian Hak Pakai Atas Tanah. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa penggunaan sistem informasi pelayanan pada pemberian hak pakai atas tanah telah memberikan kemudahan dan percepatan dalam proses pelayanan. Integrasi antara aplikasi Loketku, Komputerisasi Kantor Pertanahan, dan SLOKA memungkinkan proses yang terstruktur dan terhubung secara elektronik, dari pengajuan hingga penerbitan sertifikat elektronik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa digitalisasi layanan pemerintahan di Kantor Badan Pertanahan Nasional Kota Surakarta telah meningkatkan efisiensi dan kualitas pelayanan kepada masyarakat, serta mendukung terwujudnya tata kelola pemerintahan yang baik dan tujuan pembangunan nasional berkelanjutan.


×
Penulis Utama : Farah Adiba
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : V0721036
Tahun : 2024
Judul : Sistem Informasi Manajemen Pelayanan Pemberian Hak Pakai Atas Tanah Pada Badan Nasional Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2024
Program Studi : D-3 Manajemen Administrasi
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Sistem Informasi Manajemen Pelayanan Pemberian Hak Pakai Atas Tanah
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Irsyadul Ibad, S.AB., M.Ed., M.Si.
Penguji : 1. Mutiara Auliya Khadija, S.Kom, M.Eng
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.