Penulis Utama : Arvenia Yustika
NIM / NIP : K7120046
×

Arvenia Yustika. K7120046. Pembimbing I : Dra. Siti Istiyati, M.Pd. Pembimbing II : Dr. Fadhil Purnama Adi, S.H.,M.H. ANALISIS KEMAMPUAN GURU MEMANFAATKAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV DI SDN KLECO I SURAKARTA. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Agustus 2024.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan guru dalam memanfaatkan media pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada pembelajaran IPAS kelas IV di SDN Kleco I Surakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara, dan studi dokumen. Data diperoleh dari guru kelas IVA, IVC, dan IVD di SDN Kleco I Surakarta. Teknik uji validitas menggunakan triangulasi waktu dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu model Miles and Hubermandengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan simpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian kemampuan guru dalam memanfaatkan media pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada pembelajaran IPAS kelas IV di SDN Kleco I Surakarta memperoleh hasil secara teotitis dan praktis dengan kategori baik. Secara teoritis pengetahuan guru terkait media pembelajaran TIK termasuk dalam kategori “Sangat Baik” dengan perolehan rata-rata skor sebesar 100%, secara praktis keterampilan guru menggunakan media pembelajaran TIK masuk pada kategori “Sangat Baik” dengan perolehan rata-rata skor sebesar 93,6%, dan pada kemampuan guru mengembangkan media pembelajaran TIK hasilnya sudah baik karena guru sudah dapat memilih, menyempurnakan, dan membuat sendiri. Namun, untuk membuat sendiri masih perlu ada peningkatan. Dengan demikian dapat diperoleh hasil bahwa kemampuan guru memanfaatkan media pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada pembelajaran IPAS kelas IV di SDN Kleco I Surakarta sudah memiliki pengetahuan dan keterampilan menggunakan media pembelajaran TIK dengan sangat baik. Namun, masih perlu ditingkatkan terkait kemampuan guru dalam mengembangkan media pembelajaran TIK.

×
Penulis Utama : Arvenia Yustika
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7120046
Tahun : 2024
Judul : Analisis Kemampuan Guru dalam Memanfaatkan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada Pembelajaran IPAS Kelas IV di SDN Kleco I Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2024
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Kemampuan guru, media pembelajaran TIK, pembelajaran IPAS
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Siti Istiyati, M.Pd.
2. Dr. Fadhil Purnama Adi, S.H., MH.
Penguji : 1. Dr. Karsono, S.Sn., M.Sn.
2. Dr. Chumdari, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.