Penulis Utama : Asri Winarsih
NIM / NIP : V0721017
×

ABSTRAK

Asri Winarsih. V0721017. Sistem Informasi Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak (SIKPA) di Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, serta Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Sleman. Program Studi Diploma III Manajemen Administrasi, Fakultas Sekolah Vokasi, Universitas Sebelas Maret Surakarta. 2024.

Unit Pelaksana Teknis Daerah Perlindungan Perempuan dan Anak (UPTD PPA) merupakan unit pelayanan pencegahan tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak. UPTD PPA memiliki 3 aktivitas dasar dalam pelayanan yaitu pengaduan, penanganan lanjutan, dan penutupan kasus atau terminasi. Pengelolaan informasi yang awalnya dalam proses pelaporan masih secara manual, maka demi terciptanya pengelolaan informasi yang lebih efisien Unit Pelaksana Teknis Daerah Perlindungan Perempuan dan Anak (UPTD PPA) menggunakan Sistem Informasi Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak (SIKPA) sebagai sistem pengelolaan informasi saat ini. Penggunaan sistem ini dapat memberikan kemudahan dalam proses pencatatan informasi kasus kekerasan, melacak kasus kekerasan dan ketersediaan informasi kasus korban guna mengakhiri kekerasan terhadap perempuan dan anak di Wilayah Kabupaten Sleman. Tujuan pengamatan dalam Tugas Akhir ini adalah untuk mendeskripsikan Sistem Informasi Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak (SIKPA) di Unit Pelaksana Teknis Daerah Perlindungan Perempuan dan Anak (UPTD PPA) DP3AP2KB Kabupaten Sleman dan mengetahui kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pengelolaan informasi kasus kekerasan dalam sistem SIKPA. Tugas Akhir ini ditulis dengan menggunakan metode observasi berperan serta dan menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi secara langsung, serta dokumentasi dan pengkajian dokumen milik UPT PPA sebagai data pendukung. Hasil pengamatan yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa Sistem SIKPA milik UPTD PPA merupakan sistem pencatatan informasi kasus kekerasan. Selain itu, juga untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi dalam proses pelaksanaan kegiatan tersebut salah satunya sistem belum berjalan dengan baik sebagai layanan pencatatan informasi kasus kekerasan karena kurangnya keterampilan pegawai dalam menjalankan sistem SIKPA dan masalah jaringan yang kurang stabil. Adapun hal yang dapat dilakukan adalah melakukan pelatihan kepada para pegawai dan melakukan pemeliharaan jaringan internet secara berkala supaya tetap stabil.

Kata kunci: Kekerasan, Perempuan, Anak, Penanganan Kasus, Sistem Informasi Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak (SIKPA).

×
Penulis Utama : Asri Winarsih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : V0721017
Tahun : 2024
Judul : SISTEM INFORMASI KEKERASAN TERHADAP PEREMPUAN DAN ANAK (SIKPA) DI DINAS PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK, PENGENDALIAN PENDUDUK DAN KELUARGA BERENCANA KABUPATEN SLEMAN
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2024
Program Studi : D-3 Manajemen Administrasi
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Kekerasan, Perempuan, Anak, Penanganan Kasus, Sistem Informasi Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak (SIKPA)
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Mutiara Auliya Khadija S.Kom, M. Eng
Penguji : 1. Ida Setya Dwi Jayanti, SE, MM
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.