Penulis Utama : Aryachiyah Aufa Wafro
NIM / NIP : K2320017
×

ABSTRAK

Aryachiyah Aufa Wafro. K2320017. Pembimbing I : Prof. Dr. H. Widha Sunarno, M.Pd. Pembimbing II : Dwi Teguh Rahardjo, S.Si, M.Si.  PENGEMBANGAN E-MODUL FISIKA  BERBASIS DISCOVERY LEARNING  BERBANTUAN GOOGLE SITES PADA MATERI SUHU DAN KALOR UNTUK SISWA KELAS XI SMA. Skripsi. Surakarta :  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2024.


Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengembangkan dan menghasilkan E-Modul  fisika berbasis discovery learning berbantuan Google Sites pada materi suhu dan kalor kelas XI SMA yang layak digunakan untuk pembelajaran fisika di sekolah, (2) Mengetahui efektivitas penggunaan E-Modul  fisika berbasis discovery learning berbantuan Google Sites pada materi suhu dan kalor kelas XI SMA dalam meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian Research and Development (R&D), dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi lima tahap : analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Hasil dari penelitian ini berupa E-Modul  yang sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku saat ini yaitu kurikulum merdeka. Validasi ahli dan guru menunjukkan skor rata-rata masing-masing 90,5 dan 98 yang memenuhi kriteria sangat baik. Uji coba lapangan memperoleh skor rata rata 81,5 dengan kriteria sangat baik yang artinya E-Modul  dapat diimplementasikan dalam pembelajaran fisika. Implementasi E-Modul  menunjukkan skor 94 dengan kategori sangat baik, yang artinya E-Modul  yang dikembangkan efektif digunakan dalam pembelajaran fisika. Evaluasi akhir menunjukkan nilai N-gain sebesar 0,57 dengan kategori sedang dengan persentase N-gain sebesar 57%, dapat disimpulkan bahwa E-Modul  cukup efektif untuk digunakan di kelas.


×
Penulis Utama : Aryachiyah Aufa Wafro
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2320017
Tahun : 2024
Judul : PENGEMBANGAN E-MODUL FISIKA BERBASIS DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN GOOGLE SITES PADA MATERI SUHU DAN KALOR UNTUK SISWA KELAS XI SMA
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2024
Program Studi : S-1 Pendidikan Fisika
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Kata kunci : E-Modul , Discovery Learning, Google Sitess, Suhu dan Kalor, Research and Development, ADDIE, Pembelajaran Fisika.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. H. Widha Sunarno, M.Pd
2. Dwi Teguh Rahardjo, S.Si, M.Si
Penguji : 1. Dr. Daru Wahyuningsih, S.Si., M.Pd
2. Drs. Pujayanto, M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.