Penulis Utama : Bayu Ardianto
NIM / NIP : K4609021
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Peningkatkan hasil belajar model  pembelajaran kooperatif tipe TAI terhadap hasil belajar Passing bawah bolavoli siswa kelas X TSM2 SmK Negeri 1 Tengaran tahun pelajaran 2013/2014.
Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua sklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini siswa kelas X TMS 2 SMK Negeri 1 Tengaran, tahun pelajaran 2013 / 2014 berjumlah 32 orang siswa putra. Teknik pengumpulan data dengan obeservasi, dan penilaian hasil belajar passing bawah bolavoli. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah secara deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan prosentase.
Berdasarkan analisis data diperoleh hasil : Penerapan model pembelajaran cooperative tipe TAI (Team Assisted Individualization), efektif untuk meningkatkan hasil belajar passing bawah bolavoli pada siswa kelas X TSM 2 SMK Negeri 1 Tengaran Dari hasil analisis diperoleh peningkatan yang signifikan dari siklus I dan siklus II. Pada siklus I hasil belajar passing bawah bolavoli pada  kategori Baik sekali sebesar 0%, baik sebesar 18,75% atau 6 siswa dan cukup sebesar 34,37% atau 11 siswa, jumlah siswa yang tuntas sebanyak 17 siswa. Pada siklus II hasil belajar passing bawah bolavoli dalam kategori baik sekali sebesar
15,62% atau 5 siswa, baik sebesar 37,50% atau 12 siswa dan cukup sebesar 25% atau 8 siswa, sedangkan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 25 siswa.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran cooperative tipe TAI (Team Assisted Individualization) dapat meningkatkan hasil belajar passing bawah bolavoli siswa kelas X TSM 2 SMK Negeri 1 Tengaran tahun pelajaran 2013/2014.

Kata kunci: pembelajaran kooperatif tipe TAI, hasil belajar passing bawah
bolavoli.

×
Penulis Utama : Bayu Ardianto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4609021
Tahun : 2014
Judul : Upaya Meningkatkan Passing Bawah Bolavoli Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) Pada Siswa Kelas X TSM 2 SMK Negeri 1 Tengaran Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2013/2014
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2014
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jurusan POK/Penjaskesrek K4609021-2014
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs H. Wahyu Sulistyo, M. Kes.
2. Drs. Budhi Satyawan, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.