Penulis Utama : Haning Nikitasari
NIM / NIP : K3110032
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan permainan simulasi untuk meningkatkan kerjasama dalam menyelesaikan tugas akademik.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Sumber data pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Weru Sukoharjo tahun ajaran 2014/2015 yang terdiri dari dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Masing-masing kelompok terdiri dari 30 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket tentang kerjasama dalam menyelesaikan tugas akademik. Kelompok eksperimen diberikan treatment berupa permainan simulasi dan kelompok kontrol tidak diberikan treatment tetapi diberikan uraian singkat tentang kerjasama dalam menyelesaikan tugas akademik. Analisis data menggunakan uji t dengan bantuan SPSS 18. Hasil uji hipotesis data posttest antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol menunjukkan nilai thitung sebesar 2,479 dan nilai ttabel 1,672 dengan nilai signifikansi 0,016, artinya ada perbedaan yang signifikan hasil posttest antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Berdasarkan hasil uji hipotesis tersebut dapat disimpulkan bahwa kelompok eksperimen yang diberikan treatment berupa permainan simulasi mengalami peningkatan skor lebih tinggi daripada kelompok kontrol yang tidak diberikan treatment.
Simpulan yang dapat diambil dari hasil analisis yaitu permainan simulasi efektif untuk meningkatkan kerjasama dalam menyelesaikan tugas akademik pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Weru Sukoharjo.
Kata Kunci: Permainan Simulasi, Kerjasama Peserta Didik, Menyelesaikan Tugas Akademik

 

×
Penulis Utama : Haning Nikitasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3110032
Tahun : 2015
Judul : Permainan simulasi untuk meningkatkan kerjasama dalam menyelesaikan tugas akademik pada peserta didik kelas viii smp negeri 1 Weru Sukoharjo tahun ajaran 2014/2015
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2015
Program Studi : S-1 Pendidikan Bimbingan Konseling
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Bimbingan dan Konseling-K.3110032-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Sri Wiyanti, M.Si
2. Dr. Wagimin, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.