Penulis Utama : Bertha Nurul U
NIM / NIP : D0209017
×

Detik.com menjadi media alternative bagi kalayak untuk memenuhi kebutuhan informasi.Kalangan akademis seperti mahasiswa S1 reguler Fisip Uns, memanfaatkan berita online Detik.com untuk mendapatkan informasi atau berita.Hal ini dapat dilihat dari beralihnya mahasiswa menggunakan media baru (internet) yaitu Detik.com yang dirasa lebih mudah, cepat, serta bisa diakses kapan saja dan dimana saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara motivasi mendapatkan berita aktual dengan aktivitas menggunakan media online Detik.com dikalangan mahasiswa S1 reguler Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Negri Sebelas Maret Surakarta angkatan 2013 serta mengetahui hubungan antara aktivitas menggunakan media online Detik.com dengan tingkat kepuasan pembaca dikalangan mahasiswa S1 reguler Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Negri Sebelas Maret Surakarta angkatan 2013.
Penelitian ini menggunakan teori Uses and Gratifications yang dikembangkan oleh Katz dan Blumer terfokus pada penggunaaan media (uses) untuk mendapatkan kepuasan (Gratifications). Penelitian ini merupakan tipe penelitian penjelasan (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif, menggunakan metode survey, dan penggumpulan data menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa S1 reguler fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sebelas Maret Surakarta angkatan 2013. Besaran sampel sebanyak 41 responden, 15% dari total mahasiswa 270 orang. Teknik analisis data menggunakan Rank Spearman. Dari analisis Rank Spearman diperoleh hasil bahwa hubungan aktivitas menggunakan media online Detik.com dengan tingkat kepuasan pembaca adalah hubungan positif yang lemah, dilihat dari nilai korelasi sebesar 0,339.Sedangkan hubungan antara motivasi mendapatkan berita aktual dengan aktivitas menggunakan media online Detik.com adalah hubungan positif yang lemah, dilihat dari nilai koefisien sebesar 0,332. Jadi ketika mahasiswa S1 reguler Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sebelas Maret Surakarta angkatan 2013 membutuhkan sebuah informasi, maka sebagian besar dari mereka akan memilih Detik.com sebagai media penyedia informasi karena dianggap dapat memberikan kepuasan kepada mereka.

×
Penulis Utama : Bertha Nurul U
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0209017
Tahun : 2015
Judul : Penggunaan Media Online dan Tingkat Kepuasan Pembaca (Studi Korelasi Antara Aktivitas Menggunakan Media Online Detik.Com dengan tingkat Kepuasan Pembaca di Kalangan Mahasiswa S1 Reguler Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sebelas Maret Surak
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2015
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Jur. Ilmu Komunikasi-D0209017-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Tanti Hermawati, S.Sos, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.