Penulis Utama : Christian Pandu Putra
NIM / NIP : D1211012
×

ABSTRAK
Komunitas SAG-ID merupakan wadah bagi pecinta airsoft yang terbesar yang ada di Indonesia dan sudah tersebar menjadi beberapa regional termasuk Jawa Tengah dan memiliki kegiatan diantaranya bermain airsoft. Komunikasi yang digunakan dalam permainan sangat unik, dimana pemain menyampaikan pesan menggunakan bahasa isyarat militer dan berbicara sehingga dapat mempengaruhi kekompakan tim dalam permainan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan komunikasi verbal dan nonverbal dalam mendukung kekompakan tim pada komunitas airsoft di Komunitas SAG-ID di Kota Solo.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan jenis penelitian komunikatif. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah komandan SAG-ID region Jateng, dan anggota SAG-ID yang peneliti bagi menjadi anggota senior dan anggota pemula. Informan ini ditentukan berdasarkan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi kepustakaan dengan menggunakan metode interaktif Miles dan Hubberman. Validitas data sendiri diuji dengan menggunakan triangulasi sumber.
Penelitian ini menghasilkan kesimpulan (a) Bagi pemain airsoft, komunikasi di dalam permainan sangatlah penting untuk memupuk kekompakan dan menjalankan strategi yang telah direncanakan sebelumnya. (b) Tim yang berkomunikasi dan berkoordinasi dengan lancar akan mudah bekerja sama sehingga semakin solid.
Kata Kunci: Penggunaan Komunikasi, Komunitas, Airsoft, Kekompakan Tim
ABSTRACT
SAG-ID community is the biggest place for airsofter in Indonesia and divided into regions based on geographical criteria including Central of Java region and they also have several activity such as skirmish game. The using of communication is very unique, where all players deliver their message by using tactical call sign and by speaking to others so affect their teamwork which bring over to win the game.
The purpose of this study is to describe the using of verbal and nonverbal communication to support compactness on airsoft game at SAG-ID Community in Solo City.
This study using descriptive research methods kind of communicative research. Primary data source in this study is SAG-ID region commander, and members of SAG-ID which divide into senior members and newbie. This informant determined based on purposive sampling. Data collected through interview, observation, and literature study by using Miles and Hubberman interactive methods. Meanwhile the data validity tested by source triangulation.
This study led to the conclusion (a) communication during game is very important for airsofter which can bring up togetherness and working on the strategy that planned before. (b) The team who communicate and coherence well will be easily work together.
Keywords: Communication Usage, Community, Airsoft, Compactness.

×
Penulis Utama : Christian Pandu Putra
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1211012
Tahun : 2015
Judul : Komunikasi Verbal dan Nonverbal dalam Permainan Airsoft (Studi Kualitatif tentang Penggunaan Komunikasi Verbal dan Nonverbal dalam Mendukung Keberhasilan Tim pada Permainan Airsoft di Komunitas SAG-ID di Kota Solo)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2015
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Jur. Ilmu Komunikasi-D1211012-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sri Herwindya Baskara W., S.Sos, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.