Penulis Utama : Rino Pradhana
NIM / NIP : K5608128
×

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui penguasaan kemampuan gerak dasar bolavoli pada siswa putra peserta extrakurikuler SMP Negeri Kota Se-Kabupaten Pacitan, (2) Mengetahui penguasaan kemampuan gerak dasar bolavoli pada siswa putra peserta extrakurikuler SMP Negeri Desa Se- Kabupaten Pacitan, (3) untuk mengetahui mana yang lebih bafk kemampuan gerak dasar bolavoli pada siswa putra peserta extrakurikuler SMP Negeri Kota dan SMP Negeri Desa Se-kabupaten Pacitan.
Penelitian ini merupakan penelitian survey. Sumber data penelitian ini adalah siswa putra peserta extrakurikuler bolavoli SMP Negeri Kota dan SMP Negeri Desa Tahun Ajaran 2013/ 2014 yang berjumlah 101 orang, yang terdiri atas SMP Negeri 1 Pacitan 30 orang, SMP Negeri 2 Pacitan 21 siswa, SMP Negeri 3 Pacitan 15 siswa, SMP Negeri 1 Arjosari 11 siswa, SMP Negeri 1 Pringkuku 11 siswa, dan SMP Negeri 1 Kebonagung 13 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes dan pengukuran. Teknik analisis data dengan mengunakan uji reliabilitas, validitas isi, menghitung t-score, dan pengukuran norma.
Berdasarkan hasil penelitian kemampuan gerak dasar bolavoli pada siswa putra peserta extrakurikuler SMP Negeri Kota, disimpulkan bahwa kemampuan gerak dasar bolavoli pada siswa putra peserta extrakurikuler SMP Negeri Kota Se- Kabupaten Pacitan memperoleh hasil kategori baik sekali 0%, kategori baik sebesar 14%, kategori cukup sebesar 36%, kategori sedang 26%, kategori kurang 20%, kategori kurang sekali 5%. Sedangkan kemampuan gerak dasar bolavoli pada siswa putra peserta extrakurikuler SMP Negeri Desa Se-Kabupaten Pacitan memperoleh hasil kategori baik sekali 3%, kategori baik sebesar 31%, kategori cukup 51%, kategori sedang sebesar 6%, kategori kurang sebesar 9%, dan kategori kurang sekali 0%. Hasil Uji T menunjukkan sig 0,929 atau >0,05.
Simpulan penelitian ini adalah tidak ada perbedaan kemampuan yang signifikan antara kelompok Kota dan Desa pada tes, meskipun terlihat rata-rata (mean) untuk kelompok Kota 242,93 dan untuk kelompok Desa adalah 242,93 artinya bahwa rata-rata nilai kelompok Desa lebih tinggi 2,83% daripada rata-rata kelompok Kota pada saat tes.
Kata Kunci: Kemampuan Gerak Dasar, Permainan Bolavoli, Peserta extrakurikuler SMP Negeri Kota dan SMP Negeri Desa.

×
Penulis Utama : Rino Pradhana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5608128
Tahun : 2015
Judul : Perbandingan Kemampuan Gerak Dasar Permainan Bola Voli Pada Siswa Putra Peserta Extrakurikuler SMP Negeri Kota dan SMP Negeri Desa Se-Kabupaten Pacitan Tahun Ajaran 2013/2014
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2015
Program Studi : S-1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Olahraga dan Kesehatan-K5608128-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Em. Mulyono Biyakto Atmojo
2. Drs. Sugiyoto, M. Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.