Penulis Utama : Laksito Adhi Susilo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : X.4610076
Tahun : 2015
Judul : Meningkatkan hasil belajar gerak dasar lompat melalui permainan gunungan pada siswa kelas iii Sd negeri 2 Sukomangu Kecamatan Purwantoro Kabupaten Wonogiri tahun ajaran 2013/2014
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2015
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi-X.4610076-2015
Subyek : PERMAINAN GUNUNG
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar gerak dasar lompat siswa kelas III  SD Negeri 2 Sukomangu Kecamatan Purwantoro Kabupaten Wonogiri tahun ajaran 2013/2014 melalui permainan gunungan.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SD Negeri 2 Sukomangu Kecamatan Purwantoro Kabupaten Wonogiri tahun ajaran 2013/2014 berjumlah 11 orang yang terbagi atas 6 siswa putra dan 5 siswa putri. Teknik pengumpulan data adalah melalui tes dan pengukuran kemampuan teknik dasar Gerak Dasar lompat dan observasi dari proses kegiatan pembelajaran. Analisis data menggunakan teknik deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui permainangunungan dapat meningkatkan hasil belajar gerak dasar lompat siswa dari prasiklus ke siklus 1 dan dari siklus 1 ke siklus 2. Dari hasil analisis yang diperoleh, peningkatan pada siklus 1 dalam kategori tuntas adalah 54.54% dengan jumlah siswa yang tuntas adalah 6 siswa. Pada siklus 2 terjadi peningkatan prosentase ketuntasan sebesar 81.81% dengan jumlah siswa yang tuntas 9 siswa. Kemampuan lompat dan ketuntasan hasil belajar siswa meningkat walaupun belum optimal. Pelaksanaan siklus 2 menyebabkan kemampuan hasil belajar gerak dasar lompat siswa meningkat menjadi lebih baik serta terjadinya diskualifikasi saat tolakan dapat diminimalkan sehingga bisa mendukung suatu pembelajaran yang berkualitas.
Simpulan penelitian ini adalah melalui permainan gunungan dapat meningkatkan hasil belajar gerak dasar lompat dalam pembelajaran Penjas siswa kelas III  SD Negeri 2 Sukomangu Kecamatan Purwantoro Kabupaten Wonogiru tahun ajaran 2013/2014.
Kata kunci:  hasil belajar Gerak Dasar lompat, permainan Gunungan.

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
AWAL.pdf
BAB I rock and roll.pdf
BAB II.pdf
BAB III leksotan rock and dut bener.pdf
BAB IV Rock and Dut.pdf
BAB V skripsi rock and ndut.pdf
IMG_20150524_0014.jpg
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Wahyu Sulistyo, M.Kes
2. Waluyo, S.Pd, M.Or
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP