Penulis Utama : Elisabeth Christiyanti
NIM / NIP : D1212031
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi Humas Radio Republik Indonesia Surakarta dalam membangun citra Radio Republik Indonesia Surakarta sebagai media pelestari budaya Jawa di Surakarta. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik wawancara dan observasi. Pembahasan dianalisis melalui hasil wawancara serta menggunakan interprestasi. Narasumber yang dipilih adalah Kasubsi Layanan Publik RRI Surakarta, Kasubsi Komunikasi Publik RRI Surakarta dan pendengar RRI Surakarta yang tergabung dalam Pamor.
Berdasarkan pengamatan di lapangan ditemukan hasil bahwa citra RRI Surakarta sebagai media pelestari budaya Jawa dibangun melalui program siaran Wayang Orang, menyelenggarakan panggung Wayang Orang, menyelenggarkan WOSBI, menyelenggarakan lomba busana adat Jawa yang diselenggarakan pada setiap Hari Kartini, dan event-event yang terkait dengan budaya Jawa. RRI Surakarta turut memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam bidang hiburan, informasi dan pendidikan khususnya budaya Jawa melalui program siaran Wayang Orang, untuk mengenalkan dan mempopulerkan kesenian tradisional Jawa kepada masyarakat agar tetap lestari di tengah-tengah munculnya seni budaya modern.
RRI dalam melestarikan budaya Jawa melibatkan berbagai pihak, diantaranya: media massa koran Joglo Semar, Suara Merdeka, TATV, Solo TV, UNS, ISI, PLN, SMK I, serta masyarakat Surakarta. RRI melibatkan pihak tersebut untuk ikut mengisi pada program acara siaran Wayang Orang yang diselenggarakan di RRI.
Kata kunci: strategi, humas, citra, RRI.

 

×
Penulis Utama : Elisabeth Christiyanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1212031
Tahun : 2015
Judul : Rri dan media pelestarian budaya (Studi Deskriptif Kualitatif Strategi Humas Radio Republik Indonesia Surakarta dalam Membangun Citra RRI Surakarta sebagai Media Pelestari Budaya Jawa di Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2015
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Jur. Ilmu Komunikasi-D.1212031-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Widodo Muktiyo
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.