Penulis Utama : Yuli Anjarwani
NIM / NIP : K4211069
×

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII F SMP Negeri 7 Wonogiri yang berjumlah 23 siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik trianggulasi sumber data dan metode. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif. Prosedur penelitian yaitu persiapan, pelaksanaan siklus, dan penyusunan laporan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa dari prasiklus ke siklus I, dan dari siklus I ke siklus II. Proses pembelajaran pada prasiklus bersifat konvensional sehingga kualitas hasil pembelajaran berbicara siswa rendah. Keterampilan berbicara siswa meningkat pada siklus I meskipun belum optimal. Pelaksanaan siklus II menyebabkan keterampilan berbicara siswa meningkat lebih tinggi sehingga mendukung terciptanya pembelajaran yang berkualitas.
Simpulan penelitian ini adalah penerapan model Problem Based Learning meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas VIII F SMP Negeri 7 Wonogiri tahun ajaran 2014/2015.
Kata kunci: keterampilan berbicara, krama alus, Problem Based Learning

 

×
Penulis Utama : Yuli Anjarwani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4211069
Tahun : 2015
Judul : Peningkatan keterampilan berbicara dalam bahasa jawa krama alus melalui model pembelajaran problem based learning pada siswa kelas viii f smp negeri 7 Wonogiri tahun ajaran 2014/2015
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2015
Program Studi : S-1 Pendidikan Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Bahasa Jawa-K.4211069-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Budhi Setiawan, M.Pd.
2. Atikah Anindyarini, S.S., M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.